KECAMATAN KABANJAHE PRIORITASKAN PEMBANGUNAN KANTOR CAMAT

Mengurangi ketimpangan Pembangunan Antar Wilayah, Bupati Karo Akan Keluarkan Perbup Tentang Parameter Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Karo.

Kabanjahe, Kominfo Karo.

Pembangunan Kantor Camat Kabanjahe menjadi prioritas pertama pembangunan Tahun 2021 di Kecamatan Kabanjahe diantara 8 (delapan)  usulan lainnya.Hal ini terungkap dalam paparan Camat Kabanjahe, Leonard Girsang, SSTP dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan RKPD Kabupaten Karo Tahun 2021 Kecamatan Kabanjahe hari Kamis, 13 Februari 2020 bertempat Aula Kantor Camat Jl. Veteran Kabanjahe. Usulan kegiatan lainya adalah penataan Kota Kabanjahe, pengadaan  mobil penyedot debu, pengadaan bak sampah, pembangunan landmark Kabanjahe, penambahan petugas kebersihan dan armada pengangkut sampah, bibit ternak lembu, ikan dan bibit pertanian serta pengadaankendaraan dinas untuk lurah se-Kecamatan Kabanjahe.

Musrenbang ini resmi dibuka oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH yang diwakili oleh Kepala Bappeda Kabupaten Karo, Ir. Nasib Sianturi, M.Si. Hadir dalam acara  ini anggota DPRD Kab. Karo Ferianta Purba dan Agra Reynold Gurning,  unsur Forkompimca Danramil Berastagi-Kabanjahe Mayor Inf Jimmy Barus, mewakili Kapolsek, Organisasi Perangkat Daerah, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, para perangkat kecamatan seperti lurah dan kepala desa serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutan arahan pembukaan, Bupati Karo menyampaikan bahwa setelah melalui mekanisme dan  tata cara perencanaan pembangunan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dan setelah dikonsultasikan  melalui forum konsultasi publik, telah ditetapkan tema dan prioritas pembangunan pada rencana kerja pemerintah daerah (RKPD tahun 2021  adalah memacu peningkatan pelayanan untuk mewujudkan  daya saing daerah” dengan prioritas pembangunan ada 3 (tiga) yaitu pertama, peningkatan kualitas sumber daya manusia, birokrasi dan pelayanan publik berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi (iptekin), kedua adalah

peningkatan infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar dan ketiga adalah peningkatan ekonomi masyarakat melalui sektor unggulan yang berwawasan lingkungan. Lebih lanjut disampaikan bahwa untuk menjamin kepastian dan pemerataan alokasi anggaran ke setiap kecamatan, maka Pemerintah Kabupaten Karo akan mengeluarkan kebijakan anggaran kecamatan dengan kriteria tertentu sehingga akan mengurangi ketimpangan pembangunan antar wilayah kecamatan.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Karo memberikan amanat, Pertama, agar program dan kegiatan yang direncanakan merupakan program dan kegiatan yang telah mempertimbangkan pendekatan holistik–tematik, integratif dan pendekatan spasial. Kedua, mengingat RKPD Kabupaten Karo tahun 2021 merupakan pelaksanaan tahun terakhir dari RPJMD Kabupaten Karo Tahun 2016-2021, diminta agar pencapaian indikator visi dan misi RPJMD menjadi fokus perangkat daerah dalam penetapan program dan kegiatan tahun 2021 dan ketiga, mengingat bahwa tahun 2020 akan dilaksanakan Pilkada serentak dan pada tahun 2021 akan dilakukan pelantikan kepala daerah terpilih maka dihimbau untuk menjaga kondusifitas wilayah Karo dan menjaga agar proses demokrasi ini dapat berjalan dengan baik, keempat, dengan keluarnya Perpres 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia dan Permendagri 70 Tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), diminta kepada semua perangkat daerah agar dapat membangun kerjasama dengan kecamatan dan desa untuk penyediaan data dan informasi pemerintahan daerah secara up to date , akurat dan akuntabel. (Malau/Kominfo).