Musyawarah Perencanaan  Pembangunan (MUSRENBANG) RKPD  Kabupaten Karo tahun 2021 Kecamatan Payung dan Tiganderket dilaksanakan di Jambur Gurukinayan pada hari Selasa, 11 Februari 2020 dimulai pukul 10.00 Wib.

Musrenbang tersebut dibuka oleh Camat payung Jepta Tarigan, Msi  dilanjutkan dengan kata sambutan dari Danramil Payung  05/PY/ Kapt. Inf. K. Ginting  atau yang mewakili, kata sambutan dari anggota DPRD atau yang mewakili ibu Lusiana br Sukatendel dan kata sambutan dari Bapak Bupati Karo yang diwakili oleh Bappeda Kabupaten Karo ibu Kartika Sari Br Ginting, SE, Msi;  disini beliau menyampaikan pidato dari Bupati Karo yang intinya bahwa usulan pembangunan desa dan kecamatan adalah untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat.

Usulan-usulan Kecamatan Payung yang telah  masuk kedalam Aplikasi E-Planning di paparkan oleh Camat Payung Bapak Jepta Tarigan, Msi; ada 92 usulan dari desa dan  12 usulan kecamatan yang masuk kedalam aplikasi E-Planning. Pemaparan kemudian dilanjutkan oleh Camat Tiganderket Bapak Sukur Sembiring, SH; ada  18 usulan kecamatan Tiganderket yang masuk kedalam Aplikasi E-planning. Kedua Camat tersebut berharap usulan yang telah masuk kedalam Aplikasi E-planning bisa terealisasi.

Setelah pemaparan  yamg dilakukan oleh Camat Payung dan Camat Tiganderket, Musrenbang dilanjutkan dengan tanya jawab  yang dipandu oleh ibu Kartika Sari br Ginting  dari Bappeda Kabupaten Karo . Sebagian anggota rapat yang bertanya lebih banyak menuju kearah perbaikan jalan yang banyak mengalami kerusakan, hal ini ditanggapi oleh dinas terkait yaitu dinas PUPR Kabupaten Karo. Dinas PUPR menyatakan bahwa anggaran perbaikan jalan tersebut sebagian sudah masuk kedalam APBD induk sehingga diharapkan perbaikan jalan prioritas dapat terwujud secepat mungkin. Sebagian pertanyaan juga menyangkut kepada hal penambahan ruangan sekolah SD kecamatan Payung, hal ini ditanggapi ditanggapi juga oleh dinas PUPR karena yang terkait Dinas Pendidikan tidak hadir pada acara tersebut. Pupr mengatakan akan direalisasikan. Sebagian pertanyaan dari anggota rapat adalah mengenai pengadaan bak tempat pembuangan sampah  kecamata Tiganderket, masyarakat berharap agar bak pembuangan sampah disediakan. Hal ini ditanggapi oleh OPD terkait yaitu dari Dinas Lingkungan Hidup agar dibuat usulan permintaan ditujukan ke Dinas Lingkungan Hidup.

Merangkum semua permasalahan - permasalahan di kecamatan Payung dan Tiganderket  dalam hal ini ibu Kartika Sari  dari Bappeda Karo menanggapi bahwa usulan-usulan   yang dirinci dalam Musrenbang Kecamatan adalah lanjutan dari Musrenbang Desa dan Pramusrenbang kecamatan. Bappeda berharap nantinya usulan-usulan yg telah masuk kedalam aplikasi E-Planning bisa disetujui di Musrenbang Kabupaten Karo dan usulan-usulan program pembangunan bisa direalisasikan serta hasilnya dapat dirasakan masyarakat.

Musrembang ini diakhiri dengan penandatanganan berita acara hasil musrenbang  Kecamatan payung dan Tiganderket Pada Pukul 13.00 Wib dilanjutkan dengan doa penutup yang dibawa oleh Kepala KUA Payung dan makan bersama.

Musrenbang dihadiri oleh Wakil  Camat Payung, Tiganderket beserta jajarannya, Anggota DPRD, Danramil Payung, OPD terkait, Kepala Desa beserta perangkatnya, PKK , BPD dan Tokoh masyarakat.

(Elyeser/Kominfo)