Musyawarah Perencanaan  Pembangunan (MUSRENBANG) RKPD  Kabupaten Karo tahun 2021 Kecamatan Merdeka  dilaksanakan di Kantor Camat Merdeka pada hari Selasa, 11 Februari 2020 dimulai pukul 10.00 Wib. Musrembang dihadiri oleh Wakil Bupati Karo, Camat Merdeka beserta jajarannya, Anggota DPRD, Kapolsek  Simpang Empat Merdeka, Danramil Simpang Empat Merdeka, OPD terkait, Kepala Desa beserta perangkatnya, PKK Kecamatan Merdeka, BPD dan Tokoh masyarakat.

Musrembang tersebut dibuka oleh Camat Merdeka Bapak Oberlin Sembiring,  dilanjutkan kata sambutan dari Kapolsek  Simpat Empat Merdeka atau yang mewakili Bapak  AKBP Dedi Ginting, kata sambutan dari Danramil atau yang mewakili Bapak Sertu Hormat Ginting, kata sambutan dari anggota Dewan atau yang mewakili Bapak  Juned Arif Bangun dan yang terakhir kata sambutan dari Bupati Karo atau yang mewakili dari Bappeda Kabupaten Karo Bapak Evanli Sembiring.

Usulan - usulan Kecamatan Merdeka yang telah  masuk kedalam Aplikasi E-Planning di paparkan oleh Camat Merdeka Bapak Oberlin Sembiring. ada 40 usulan dari desa yang masuk kedalam aplikasi E-Planning antara lain sebagai berikut: desa Deram 3 usulan, desa Ujung Teran 4 usulan,  desa Cinta Rayat 8 usulan, desa Sada Perarih 4 usulan, desa Semangat 3 usulan, desa Merdeka 6 usulan, desa Gongsol 4 usulan, desa Jaranguda 3 usulan, desa Semangat Gunung 5 usulan. Selain usulan dari desa adapula usulan dari Kecamatan  sebanyak 5 yang telah masuk kedalam Aplikasi E-Planning.  "Usulan-usulan ini nantinya akan diranking dan akan diprioritaskan mana yang  yang terlebih dahulukan dilaksanakan, " ungkap Camat Merdeka.

Pada saat Bapak Camat Merdeka melakukan pemaparan, pada pukul 11.30 Wib  Wakil Bupati Karo  ibu Cory S Sebayang  hadir dalam acara tersebut. Ibu Wakil Bupati Karo  mengalami keterlambatan karena terlebih dahulu menghadiri Musrembang di Kecamatan Tiga Binanga. Dalam hal ini mewakili Bapak Bupati Karo, ibu Cory S Sebayang Menyampaikan Pidato Bapak Bupati Karo  yang intinya bahwa usulan pembangunan desa dan kecamatan adalah semata-mata untuk meningkatan kesejahteraan masyarakat.

Setelah pemaparan  yamg dilakukan oleh Camat Merdeka, Musrembang dilanjutkan dengan tanya jawab  yang dipandu oleh Bapak  Evanli Sembiring dari Bappeda Kabupaten Karo . Pertanyaan - pertanyaan yang banyak dikemukakan oleh Anggota Rapat adalah mengenai ruas badan jalan yang banyak mengalami kerusakan, perbaikan poskesdes agar layak dipakai dan mengenai pemanfaatan pariwisata.  Para Kepala Desa, BPD dan tokoh masyarakat berharap agar Pemkab beserta anggota DPRD langsung turun kelapangan melihat langsung hal-hal apa saja yang perlu dibenagi serta usulan-usulan yang sudah masuk kedalam e-planning didukung dengan anggaran yang diprioritaskan agar bisa terrealisasi. dalam hal ini Evanli Sembiring dari Bappeda Karo menanggapi bahwa usulan-usulan  yang di rinci dalam Musrembang kecamatan adalah lanjutan dari Musrembang Desa dan Pramusrembang. Bapak Evanli Sembiring berharap nantinya usulan-usulan yg telah masuk kedalam aplikasi E-Planning bisa disetujui di Musrembang kabupaten Karo dan nantinya hasil dari usulan-usulan program pembangunan hasilnya dapat dirasakan masyarakat. Juned Arif Bangun anggota DPRD juga berharap nantinya usulan-usulan yang akan dilaksanakan harus dirangking agar apa yg paling penting itu prioritas yang dilaksanakan dan penyerapan anggaran tepat sasaran.

Musrembang ini diakhiri dengan penandatanganan berita acara hasil musrembang  Kecamatan Merdeka Pada Pukul 13.30 Wib dilanjutkan dengan doa penutup yang dibawa oleh Tokoh Masyarakat Benteng sembiring dan makan bersama.

(Noni/Kominfo)