Ketua Gugus Tugas Karo Akan Dijabat Bupati


Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH didampingi Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan dan Ketua Gugus Tugas Karo Ir Martin Sitepu menegaskan, Kabupaten Karo belum akan menetapkan status karantina wilayah | topmetro.news

topmetro.news – Bupati Terkelin Brahmana SH MH menegaskan, Kabupaten Karo belum akan menetapkan status karantina wilayah dalam menghadapi mewabahnya Virus Corona (Covid-19).

Penegasan ini disampaikan Bupati Karo kepada wartawan, Senin (30/3/2020), di Kantor Bupati Karo. Saat itu, bupati baru bertemu dengan Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Ketua Gusta (Gugus Tugas) Ir Martin Sitepu, Kadis Kesehatan drg Irna Safrina Meliala, dan Kasatpol PP Hendrik Philemon Tarigan.

“Untuk karantina wilayah, Karo saat ini belum sampai kesana. Belum ya. Imbauan yang selama ini telah disampaikan kepada masyarakat social distancing dan phsycal distancing, itu saja supaya dipatuhi. Upaya ini jalan terbaik memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tandasnya.
 
Terkelin menambahkan, pemerintah saat ini terus berupaya bekerja semaksimal mungkin menekan dan melawan Covid-19. Dan pemerintah pusat sudah mengevaluasi Tim Gugus Tugas yang sudah terbentuk. Baik tingkat pusat, propinsi, kota/daerah.

“Karena tidak efektif dan efisien, telah diputuskan dengan mengeluarkan Keppres No 9/2020 dan turunan Surat Edaran Mendagri Nomor: 440/2622/SJ tanggal 29 Maret 2020 menyatakan, Ketua Gugus Tugas di provinsi/kabupaten/kota dijabat oleh gubernur/bupati/walikota. Dan wakil ketua dijabat setingkat daerah dandim dan kapolres,” terang Terkelin.

Perombakan Gugus Tugas
Sementara, Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Ir Martin Sitepu membenarkan, bahwa dalam waktu dekat ini ada perombakan Ketua Gugus Tugas di daerah yang akan dijabat oleh bupati.

Perombakan ini, katanya, berdasarkan intruksi dari Mendagri terkait keluarnya Keppres 9 Tahun 2020 pengganti Keppres 7 Tahun 2020 sebelumnya. “Tentu kita patuhi dan taat aturan,” katanya.

Lebih lanjut Martin mengatakan, saat ini surat edaran untuk rapat kepada tim yang akan dilibatkan sesuai struktur yang baru dalam penanganan percepatan Covid-19, sudah dibuat.

“Setelah ditandatangani Bupati, akan kita edaran dan rapatkan untuk pembentukan gugus tugas yang baru,” pungkasnya.

reporter | FP Pinem

Sumber: https://topmetro.news/