Bupati Karo didampingi Kadis Kesehtan drg Irna Safrina Meliala, Direktur RSUD Kabanjahe dr Arjuna Wijaya SpP, saat menerima kunjungan Direktur PT Berkah Bima Insani Herianto P dan Jhon Erikson selaku product aplikasi | topmetro.news

Bupati Perintahkan Kadiskes, Jika Dalam Seminggu tidak Turun dari Menkes, Beli Saja

topmetro.news – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH berharap pemerintah pusat Cq Menkes RI, secepatnya bantu pengadaan alat pendukung Test Polymerase Chain Reaction atau test PCR di RSUD Kabanjahe. Hal itu untuk mempercepat proses dan hasil swab test terhadap sampel pasien yang dinyatakan reaktif hasil rapid test Covid-19.

“Alat PCR ini sangat kita butuhkan untuk melengkapi laboratorium pemeriksaan swab test di RSUD Kabanjahe,” ujar Bupati Karo didampingi Kadinkes (Kadis Kesehtan) drg Irna Safrina Meliala, Direktur RSUD Kabanjahe dr Arjuna Wijaya SpP, saat menerima kunjungan Direktur PT Berkah Bima Insani Herianto P dan Jhon Erikson selaku product aplikasi, Rabu (5/8/2020) di Kantor Bupati Karo.

Menurut Bupati Karo, selama ini daerah kewalahan utuk melakukan test Covid-19. Sebab harus menunggu lebih lama hasil pemeriksaan swab test dari Laboratorium PCR dari RSU Medan. Harus menunggu hasilnya sampai berhari-hari.

“Dengan adanya alat PCR komplit di RSUD Kabanjahe, penanganan terhadap pasien yang positif Covid-19 sudah bisa lebih cepat,” ujar Bupati Karo.

Bupati menjelaskan, RSUD Kabanjahe dihunjuk sebagai salah satu rumah sakit rujukan Covid-19. Namun hingga saa ini, belum memiliki alat test PCR yang komplit dan siap pakai.

Gerak Cepat Pemkab Karo
Berkaitan dengan itu, tandas Terkelin, Pemkab Karo harus bergerak cepat tanpa harus menunggu lebih lama turunnya bantuan dari pusat. “Kalau tidak turun alat PCR itu dari Menkes dalam satu minggu ini, kita beli saja alat itu,” kata bupati.

Dalam penanganan pandemi ini, tandas Terkelin, RSUD Kabanjahe harus difasilitasi dengan alat kesehatan Covid-19 yang representatif. Ini untuk mengantisipasi kemungkinan kondisi paling buruk yang akan terjadi ke depan.

Apalagi katanya, penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 meningkat drastis di Kabupaten Karo akhir-akhir ini. Sehingga diharapkan pengadaannya lebih dipercepat.

Sementara, Kadis Kesehatan Kabupaten Karo drg Irna Sabrina Meliala bersama Direktur RSUD Kabanjahe dr Arjuna Wijaya yang juga ikut mendampingi Bupati Karo mengatakan, pihaknya masih menunggu bantuan dari pusat untuk pengadaan alat tersebut.

Menurut mereka, pengadaan alat test PCR itu sudah diajukan ke Kemenkes RI di Jakarta beberapa waktu lalu. Namun, ketika bupati menanyakan kapan alat tersebut dikirim, Kadis dan Direktur RSUD Kabanjahe tidak bisa memastikan.

Melihat penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang semakin hari terus meningkat, masyarakat meminta Pemkab Karo secepatnya mengambil langkah-langkah yang lebih riil. Di antaranya dengan menyiapkan peralatan yang lebih cepat mendeteksi warga yang positif Covid-19.

Apalagi penggunaan rapid tes yang dilakukan selama ini untuk mendeteksi apakah seseorang terpapar Virus Corona, tidak dapat dijadikan acuan final bahwa yang diperiksa terbebas dari Covid-19.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Sumber: https://topmetro.new