Tim GTPP Kabupaten Karo meninjau falitas RS Flora untuk dijadikan tempat penampungan isolasi mandiri OTG Covid-19. (orbitdigitaldaily.com/Daniel Manik)

TANAHKARO – Mengantisipasi lonjakan pasien positif Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 di Kabupaten Karo yang sudah mencapai 18 orang, tim Gugus Tugas Penanganan Pencegahan (GTPP) Covid-19 daerah itu mengambil langkah gerak cepat untuk mencari lokasi ruang tempat isolasi mandiri bagi positif OTG.

Diputuskan RS Flora disewa untuk menampung pasien positif OTG Covid-19.

Karena ruangan isolasi yang tersedia selama ini di RSU Kabanjahe, tidak memadai lagi untuk menampung lonjakan pasien positif OTG dalam kurun waktu sepekan terakhir ini (akhir Juni 2020).

Hal itu diungkapkan Terkelin Brahmana saat meminpin rapat terbatas percepatan penanganan Covid-19, Senin (22/06/2020) petang, di ruang rapat bupati Kabanjahe.

Menurt Terkelin, melihat kondisi OTG ter-update, pihaknya harus gerak cepat memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kita harus peka dan tanggap, utamakan keselamatan rakyat, dalam Situasi pandemi Covid-19 ini. Teori Marcus Tullius Cicero, mengatakan “Salus Populi Suprema Lex Esto” artinya keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi dalam suatu negara, nah ini cukup kita berpikir dan bertindak demi masyarakat kita,” ujarnya Senin (22/6/2020).

“Saran dan masukan dari OPD tekhnis, sudah kita dengar dan sepakati bahwa dalam waktu sesegera mungkin, ruang isolasi mandiri bagi pasien OTG kita sewa. Dan lokasinya eks RSU Flora jalan Jamin Ginting Kabanjahe,” tambah Terkelin.
 
Kadis Kesehatan drg Irna Safrina Meliala mengatakan, apabila penunjukan RSU Flora jadi disewa tim GTPP untuk ruang isolasi mandiri positif OTG, sangat tepat.

“Alasannya, sarana dan prasarana fasilitas RSU Flora, dianggap sudah memenuhi standard dan memadai dalam penggunannya, sesuai kebutuhan,” paparnya.

Sementara pihak pemilik RS Flora dr Fadli, mengatakan untuk penyewaan RS Flora kepada Pemkab Karo yang nantinya dijadikan sebagai tempat ruang isolasi bagi pasien positif OTG pada prinsipnya setuju.

“Untuk penawaran penyewaaan, jika ada kesepakatan, lama kontrak sewa selama enam bulan. Bila habis masa kontrak, boleh diperpanjang. Dan soal harga mohon maaf, jangan dulu dipublikasikan,” pungkasnya.

Up date perkembangan Covid-19 di Kabupaten Karo (Senin, 22 Juni 2020)

Kecamatan Kabanjahe 12 Orang.
Kecamatan Barusjahe 1 Orang.
Kecamatan Berastagi 1 Orang.
Kecamatan Merek 1 Orang.
Kecamatan Simpang Empat 2 Orang.
Kecamatan Tiganderket 1 Orang

Reporter : Daniel Manik

Sumber: https://orbitdigitaldaily.com