Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH menyalurkan sembako atau bantuan langsung pangan dari APBD Karo secara simbolis kepada 6.144 KK di Kecamatan Berastagi | topmetro.news

topmetro.news – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH menyalurkan sembako atau bantuan langsung pangan dari dana APBD 2020 secara simbolis kepada 6.144 KK warga Kecamatan Berastagi yang terdampak Covid-19, Rabu (13/5/2020), di Kantor Camat Berastagi.

“Bantuan tersebut berasal dari APBD Karo Tahun 2020. Dan yang berhak menerimanya, sesuai data di luar PKH, BPNT, BST, BLT Dana Desa, Kartu Pra Kerja, PNS, TNI, Polri, pensiunan, kepala desa, perangkat desa, dan BPD,” ujar Terkeli Brahmana dalam sambutannya pada acara penyerahan sembako tersebut.

Bantuan sembako yang disalurkan ini khusus Kecamatan Berastagi sebanyak 6.144 KK. Dan penggunaanya harus tepat sasaran, tepat guna, dan tepat waktu. Di samping itu tidak ada dipungut bayaran sepeser pun dan jangan sampai menimbulkan masalah hukum.

“Para kades dan lurah harus selalu berkoordinasi dengan pemerintah dalam pendataan. Agar penerima manfaat tepat sasaran. Hindari riak-riak dari masyarakat. Jangan sampai ada tudingan bantuan diberikan kepada orang kaya. Disini, kades dan lurah sebagai ujung tombak pendataan, libatkan pihak-pihak yang berkompeten untuk menghindari penyimpangan,” ujar Terkelin.

Dampak Covid-19
Camat Berastagi Mirton Ketaren mengatakan, dengan adanya bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19 khusus untuk warga Kecamatan Berastagi, sangat membantu sekali. Khususnya meringankan beban masyarakat yang mengalami tekanan ekonomi akibat Covid-19.

Mirton mengaku, bantuan sembako ini akan disalurkan ke 10 kelurahan/desa. Dengan perincian, Gundaling I 935 KK, Gundaling II 399 KK, Tambak Lau Mulgap I 290 KK, Tambak Lau Mulgap II 355 KK, Raya 427 KK, Gurusinga 846 KK, Rumah Berastagi 1.395 KK, Sempajaya 1.042 KK, Lau Gumba 241 KK dan Daulu 214 KK. Dengan total keseluruhan 6.144 KK.

Di penghujung acara, Bupati Karo didampingi Wakil Bupati Cory Seriwaty Br Sebayang, Danramil-03/Berastagi Mayor Inf Jimmi Barus, Kapolsek Berastagi AKP LM Marpaung, Plh Ketua Gugus Ir Martin Sitepu, Kadis Sosial Benyamin Sukatendel, Camat Berastagi Mirton Ketaren, Kansilog Bulog Sumbul Cabang Medan Muhammad Iqbal, melepaskan angkutan sembako untuk pendistribusian ke-desa desa Kecamatan Berastagi.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Sumber: https://topmetro.news