Ditengah-tengah merebaknya COVID 19 di seantero dunia, termasuk Indonesia, maka Pemerintah Kabupaten Karo, atas instruksi Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH MH, mengadakan rapat di Aula Kantor Bupati Kabupaten Karo, Selasa, 31 Maret 2020, pkl 14.00 Wib yang dihadiri oleh sejumlah Kepala Organisasi Perangkata Daerah(OPD) Kabupaten Karo dan Forkopimda untuk mengantisipasi kemungkinan menjalarnya Virus Corona di daerah ini.

Dalam rapat tersebut, Bupati Karo menginstruksikan agar seluruh Kepala OPD/ TNI/Polri/ASN/Rohaniawan/FKUB(Forum Komunikasi Antar Umat Beragama) dan seluruh elemen masyatakat yang ada di Tanah Karo untuk saling bahu-membahu bergandengan tangan serta menyatukan tenaga dan pikiran bersatu padu untuk melawan serta mencegah masuknya Virus Corona ke Tanah Karo.

Hendaklah kita sekalian menjadi Pahlawan Penyelamat bagi daerah yang kita cintai ini, demikian papar Bupati dihadapan lebih dari seratus orang undangan tersebut. Dalam kesempatan itu, Kepala Daerah Kab Karo mengajurkan agar seluruh yang hadir supaya menjadi perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten Karo guna pencegahan virus corona ini.

Bupati juga meminta, disela-sela kesibukan semua kedinasan, agar pihak terkait segera menyelesaikan SK Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang baru agar bisa bekerja sesuai dengan Tupoksi yang ditentukan.

Wakil Bupati Karo, Cory Sebayang, disisi lain meminta agar pihak terkait harus memperhatikan pintu gerbang masuk Kab Karo seperti Penatapen, Merek, Lau Pondom dan Kutabuluh agar setiap pendatang atau penumpang mobil/truck yang hendak masuk ke Tanah Karo supaya pihak terkait memeriksa temperatur tubuh orang tersebut, demikian papar orang nomor 2 di Kabupaten ini.

Dikesempatan lain, Sekda Kab Karo, Drs Kamperas Terkelin Purba Msi menekankan agar ke17 Camat harus melanjutkan pesan Pemerintah Pusat kepada setiap warga desa untuk mematuhi SOP COVID19. Dirinya menambahkan agar semua kalangan berbuat untuk kemanusiaan(Humanism) ini serta mendorong seluruh OPD baik BPBD, Dinkes, Dinas Lingkungan Hidup, Kominfo, Institusi dan Dinas lainnya agar berbuat sesuatu untuk menolong. Kita menjadi corong bagi pemerintah dan jangan melalaikan Tupoksi Gugus Tugas Penanganan Covid 19 ini, ujar Kamperas.

Ketua DPRD Karo, Iriani Tarigan, pada prinsipnya sangat mendukung pihak eksekutif  dalam penanggulangan ini. Ketua wakil rakyat ini menghimbau agar lurah, kepling dan keplor supaya diaktifkan tanpa pamrih. Kita dukung penyemprotan desinfektan, tegur kerumunan di kedai kopi, berlakukan physical distancing, demikian tambah wanita asal Tigabinanga tersebut.

Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19, Drs Martin Sitepu, menyampaikan kepada forum bahwasanya  Kab Karo saat ini masuk kategori SIAGA DARURAT. Dari itu, semua pihak harus lebih waspada, demikian pungkas Martin yang juga sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Karo tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan, drg Irna Safrina S Milala M. Kes,  mengajak agar semua lapisan masyarakat turut berpartisipasi dalam pencegajan Covid-19 ini, jangan biarkan masuk virus ke daerah kita ini atau akan TOO LATE, imbuh Safrina.

Kapolres Tanah Karo, AKBP Yustinus Setyo Indriyono menegaskan, bahwa musibah sekarang ini adalah menyangkut jiwa raga dan nyawa orang banyak, jadi setiap anggaran guna mengatasi virus corona ini, jangan ajimumpung, jangan korup atau akan berhadapan dengan hukum, demikian pungkas Yustinus.

Rapat berakhir pukul 17.30 Wib.

Oleh Amor SIP-Kasi Media Massa dan Elektronik