Kabanjahe,

Berbekal tekad “Bhineka nara eka Bhakti” dengan filosofi keaneka ragaman, tapi satu pengabdian untuk Indonesia, menjadi modal utama yang terpatri bagi setiap insan jebolan Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN) yang saat ini bernama Institut Pemerintahan Dalam Negri (IPDN) yang harus tulus mengabdi  dengan ikhlas menyerahkan jiwa raganya untuk setia dan berbakti kepada negara Republik Indonesia. Tekad inilah yang menghantarkan saya lolos tahap I seleksi ASN Award Tahun 2019 ucap Leonard Girsang, SSTP, M.Si yang kesehariannya mengabdi sebagai Camat Dolat Rayat Kabupaten Karo disela-sela jam kerjanya.

Leonard Girsang yang merupakan lulusan STPDN tahun 2003 (angkatan 11) ini dipercaya menjadi Camat Dolat Rayat sejak tahun 2017 telah mengukir berbagai prestasi, antara lain Peringkat Pertama atas Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kabupaten Karo Tahun 2019; Juara II (kedua) Lomba Kecamatan Terbaik se-Kabupaten Karo Tahun 2019; Juara I (pertama) Lomba Memasak Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) PKK se-Kabupaten Karo tahun 2019; Juara III Umum Lomba Memasak Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019; Juara Harapan III Lomba Desa kategori Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2019; Juara Harapan III Lomba Desa kategori Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera, mampu menyisihkan 1.051 peserta seleksi ASN Award Tahun 2019 sampai masuk tahap berikutnnya hingga tinggal 40 orang peserta seluruh indonesia.

Leonard Girsang yang pada Januari 2018, selaku Camat telah menggagas suatu jargon pelayanan publik yaitu Dolat Rayat SIMALEM yang merupakan akronim dari S = Senyum; I= Informatif; M=Melayani; A= Akuntabel; L = Lugas; E= Efektif, Efisien, dan M= Mudah, dimana penerapan jargon ini sebagai acuan perilaku pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kecamatan Dolat Rayat yang diterima dengan baik oleh masyarakat penerima layanan publik.  Diaman hal ini terbukti dari Survei Kepuasan Masyarakat yang diselenggarakan oleh Bappeda Kabupaten Karo tahun 2018, Kecamatan Dolat Rayat memperoleh nilai 90,78 sekaligus menjadi OPD dengan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terbaik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo, dimana sebelum tahun 2018, angka Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) atas pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan masih tergolong rendah.

Bukan hanya bergerak dalam pelayanan pemerintahan kepada masyarakat Leonard Girsang  juga peduli pada Penurunan kualitas dan kuantitas produksi tanaman jeruk dengan mengambil suatu gagasan yang efektif yakni mengikuti trend pasar dan setelah melakukan komunikasi dengan banyak penggiat maupun pelaku usaha kopi baik hulu (pertanian) sampai hilir (pasca produksi), leo mengajukan penggunaan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Sumut Tahun 2018 untuk penanaman 10.000 bibit kopi di Kecamatan Dolat Rayat. Hal ini dimaksud disamping untuk bantuan perkebunan, namun juga untuk menumbuhkan animo masyarakat untuk alih tanaman jeruk menuju tanaman kopi. 

Penanaman 10.000 bibit kopi tersebut mengedepankan kerja sama dengan pihak Pemerintah Desa se-Kecamatan Dolat Rayat dalam hal sosialisasi secara massal kepada masyarakat di Desa masing-masing dalam rangka menuju Kecamatan Dolat Rayat sebagai sentra kopi di Kabupaten Karo.  Dalam hal ini Camat yang tergolong termuda diantara 17 Camat  ini  juga menjalin kerjasama dengan beberapa pihak swasta diantaranya SSC (Sumatera Speciality Coffe), PT. Agro Kopi Karo dan Kopita Berastagi untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat tidak hanya dalam tata cara penanaman kopi, tapi sampai kepada pengolahan kopi dari biji (gabah) sampai kepada kopi (bubuk) siap minum.

Selain masalah pertanian Suami dari Nenden Rahayu br Bukit ini juga berInovasi dibidang Perikanan, Persawahan dan Agro Wisata dengan memanfaatkan isu larangan pengembang biakan ikan di kawasan Danau Toba yang berimbas pada peluang yang besar bagi usaha perikanan sawah.  Dalam mananggapi isu ini Leo bersama dengan seluruh kepala desa malaksanakan pembukaan jalan menuju sentra produksi persawahan yang selama ini belum dapat dijangkau dengan kendaraan, pembukaan jalan ini memmiliki dampak yang positif terhadap masyarakat dengan memberikan kemudahan akses menuju sawah. Hingga saat ini pembukaan jalan persawahan di desa desa di Kecamatan Dolat Rayat ini sudah mencapai ± 10 km.  Dimana dengan telah dibukanya jalan persawahan ini maka meningkatkan kelayakan akan penerimaan bantuan dalam sektor perikanan. Saat ini beberapa kelompok perikanan masyarakat di Kecamatan Dolat Rayat juga telah menerima bantuan bibit dan pakan ikan dari Pemerintah Kabupaten Karo.  selain itu Pembukaan jalan ke sentra produksi persawahan ini juga membuka peluang usaha pariwisata kerakyatan dibidang persawahan dan perikanan sebesar besarnya untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

Selain melakukan inovasi di urusan pemerintahan dan pertanian/perekonomian, Camat Dolat Raya juga melakukan beberapa inovasi seperti menggagas penggunaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) bertenaga panas surya (solar cell) di titik-titik yang dianggap rawan di desa se- Kecamatan Dolat Rayat.  Hal ini juga dimaksud sebagai sarana edukasi penggunaan energi alternatif bagi masyarakat. Menggagas lomba mural di tembok sepanjang jalan kecamatan dengan mengusung tema Adat dan Budaya Karo sebagai wadah kreatifitas kaum muda di Kecamatan Dolat Rayat agar terhindar dari Narkoba, juga sebagai sarana pelestarian budaya Karo.

Dijumpai terpisah Bupati Karo, Terkelin Brahmana,SH, selaku Pejabat Pembina Kepegawaian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo, turut mengucapkan selamat kepada Leo Girsang, SSTP,M.Si, menjadi salah satu dari 100 Nominator yang lolos Hasil Penilaian Tahap I Anugerah ASN Tahun 2019, dari lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo . Dengan adanya Program Anugerah ASN 2019 yang dilaksanakan oleh Kementerian PAN-RB tentunya dapat menciptakan budaya kerja yang kompetitif, inovativ, kreatif dan dinamis,  sehingga dengan terpilihnya Sdr. Leo Girsang, SSTP, M.Si, kirannya dapat memotivasi ASN lainnya yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo untuk bekerja lebih baik lagi demi kemajuan ASN dan Kemajuan Kabupaten Karo pada umumnya, tungkas nya.

Tak ketinggalan Wakil Bupati Karo, ibu Cory Sebayang merasa bersyukur, karena salah seorang Nominator Anugerah ASN Tahun 2019 untuk kategori “PNS Inspiratif ” adalah seorang PNS dari Kab. Karo, yakni Saudara Leonard Bastian Girsang, SSTP, M.Si yang Saat ini, dia menjabat sebagai Camat Dolat Rayat Kab. Karo, Provinsi SumateraUtara, dan Sebagai seorang camat yang masih berusia relatif muda ia sudah menunjukkan prestasi yang baik di Kec. Dolat Rayat, terlihat dari berbagai penghargaan dan gelar kejuaraan, yang diraih oleh Kec.Dolat Rayat, baik di tingkat Kabupaten Karo, maupun di tingkat Provinsi Sumatera Utara, tungkasnnya.

Cory juga berharap dengan terpilihnnya Leo Sebagai nominator, di tahun-tahun mendatang, Anugerah ASN ini dapat semakin menginspirasi para ASN di seluruh wilayah Kab. Karo untuk tampil menjadi ASN yang profesional, kreatif dan inovatif. Seraya mengajak kita untuk mendukung saudara Leonard Bastian Girsang, SSTP, M.Si, dapat terpilih menjadi PNS Inspiratif dalam ajang Anugerah ASN Tahun 2019.

Sebagai Camat di Kecamatan Dolat Rayat Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, saudara Leonard Bastian Girsang, SSTP, M.Si Memiliki landasan yang mumpuni dalam menciptakan kondusifitas di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Ia dekat dengan setiap elemen masyarakat, dan selalu memberikan perhatian kepada kelompok masyarakat lanjut usia dan para veteran.  Termasuk juga, mendukung penuh kegiatan - kegiatan pemberdayaan masyarakat, khususnya yang dilaksanakan  melalui Pemberdayaan KesejahteraanKeluarga.  Ujur Drs.K.Terkelin Purba,M.Si Sekretaris Daerah memberi tanggapannya tentang terpilihnya Leonard sebagai nominator penerima Anugerah ASN 2019.  Terkelin juga menyampaikan bahwa merupakan Anugerah ASN 2019ajang pencarian SDM unggul, dalam rangka menciptakan budaya kerja yang kompetitif di instansi pemerintah.  Hal ini sejalan dengan visi pemerintah dalam hal pengembangan SDM. Mari kita dukung bersama, saudaraLeonard Bastian Girsang SSTP, M.Si, agar terpilih menjadi PNS Inspiratif dalam ajang Anugerah ASN Tahun 2019. Bagikan tautan dengan menyertakan tagar https://www.instagram.com/p/B3b73IsjgUQ/igshid=1n5kbpxrpofy7 ajak Sekda.