Berita Karo OLNewsindonesia,Minggu (11/08)

Dalam melaksanakan hari kebesaran agama Islam atau hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah/2019 Masehi, tepat nya jatuh pada hari Minggu tanggal 11 Agustus 2019 yang seluruh Umat Muslim sedunia merayakan dan melaksanakannya dengan penuh suka cita.

Dimana hari Raya Idul Adha ini identik dengan berkurban. Berkurban, atau menyembelih hewan kurban yang dilakukan setelah melakukan Sholat Idul Adha, menjadi salah satu amal kebaikan yang disukai oleh Allah.

Berkurban dapat dilakukan dengan membeli hewan ternak secara pribadi atau berkelompok lalu menyembelihnya. Lalu, daging kurban dapat dibagikan kepada orang yang membutuhkan di lingkungan sekitar, seperti yang dilakukan di beberapa tempat seperti di Desa Jaranguda Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo yang berkurban (Mudhahhy) sebanyak 37 Kepala Keluarga (KK).


Ket foto : tampak panitia kurban sedang membagikan daging korban ke warga Desa Jaranguda, Minggu (11/08) 2019

Ketua Panitia Qurban dan juga merupakan ketua BKM Ismail Jakaria (61) Desa Jaranguda menyebutkan usai Sholat Idul Adha sekitar pukul 11.00 WIB dilakukan penyembelihan hewan kurban yang terdiri dari hewan Kambing sebanyak 9 (sembilan) ekor ,hewan Lembu 4 (empat) ekor, kita panitia sudah persiapkan 500 bungkus daging kurban sesuai data yang kita terima dan per bungkusnya rata rata 1,3 Kg beratnya. Untuk yang berkurban dari pengajian Kaum Bapak Nurul Iman, Pengajian Merga Silima, Keluarga Alm. Jalil Nasution, Desa Jaranguda dan dari Berastagi Cottage Hotel, “jelasnya.

Saat crew Olnewsindonesia meminta tanggapan selaku Panitia kurban atas pelaksanaan persiapan hingga penyembelihan Ismail mengatakan, “ya, seperti biasa lah, kegiatan dibilang sukses,tak ada hambatan, kita semua kerja sama, dan harapan saya untuk kedepannya masyarakat Muslim disini di Desa Jaranguda ini, agar makin bersatu terus, terkait daging kurban ini kita berharap semua warga dapatlah , jangan sampai tidak kebagian, karena ini hari Raya Kurban semaksimal mungkin kita bagikan seluruh warga, “harapnya.


Ket foto : Panitia Kurban Desa Jaranguda Kec Merdeka Kabupaten Karo

Sementara itu,Ketua Panitia kurban Desa Gongsol Kecamatan Merdeka Muhammad Hasan Surbakti (42), menyampaikan dalam hari Raya Idul Adha setiap tahunnya kita tetap berbagi kepada masyarakat dan Kaum Duafa juga dapat terbantu atas pembagian hewan kurban. Dan kalau untuk di Desa Gongsol ini hewan kurban Lembu tahun ini sebanyak 6 (enam) ekor, Kambing 10 (sepuluh) ekor, yang terdiri dari 550 bks daging Lembu dan 521 bks daging Kambing dengan berat 2.5 Kg perbungkusnya. Hewan kurban ini sendiri di dapatkan dari Arisan Baiturrahim dan dari Pengajian Kaum Ibu Desa Gongsol,”jelasnya.

Kita memulai pemotongan hewan kurban mulai sekitar pukul 10. 00 WIB, dan tahun ini tampak jelas kemeriahan dan antusias warga cukup tinggi, ya… kedepan harapan kami panitia hewan kurban bisa lebih banyak lagi yang berkurban mengingat ada beberapa tempat yang tidak berkurban karena ketiadaan hewan yang di kurbankan dan semoga kedepan Kaum Muslim lebih berpartisipasi karena ini untuk kita semua juga, “ujarnya.

(David)

Sumber: https://olnewsindonesia.com