Kabanjahe-KOMINFO: Bupati Karo Terkelin Berahmana, SH menerima audiensi Dewan Pendidikan Kabupaten Karo masa bakti 2018-2023, Jumat (29/3) di ruang kerja Bupati Karo Jalan Jamin Ginting No. 17, Kabanjahe, sekitar pukul 11.00 WIB. Audiensi ini adalah langkah pertama yang dilakukan setelah dilantik oleh Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang tanggal 14 Maret 2019 yang lalu sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Karo Nomor: 420/636/Disdik/2018 tanggal 31 Desember 2018 tentang pembentukan Dewan Pendidikan Kabupaten Karo periode 2018-2023.

Prof. Dr. Drs.Nurdin Bukit M.Si selaku Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Karo dan pengurus lainnya memaparkan maksud dan tujuan audiensi ini adalah menerima masukan, bimbingan dan arahan Bupati Karo dalam rangka penyusunan program kerja Dewan Pendidikan Kabupaten Karo 2018-2023 sekaligus mohon dukungan Pemerintah Daerah untuk tugas-tugas Dewan Pendidikan Karo.

Audiensi ini dihadiri oleh seluruh pengurus Dewan Pendidikan yang telah dilantik yakni Prof Dr Drs Nurdin Bukit MSi (Ketua), Septa Perangin-angin SP (Sekertaris), Dr Dra Eva Marlina Gintingm MSi (Bendahara), Drs Kenan Ginting MPd (Anggota), Drs Marhaen SH (Anggota), Julianus Paulus Sembiring SP (Anggota), Elya Susana SPd MS (Anggota), Joint Tarigan SPd (Anggota), Juleo Hesron Tarigan (Anggota), Drs Djulianus Sipayung (Anggota) dan Samuel Depari (Anggota).

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dalam kesempatan ini mengucapkan selamat atas terpilihnya Dewan Pendidikan Kabupaten Karo masa bakti 2018-2023 sekaligus memberikan arahan, harapan dan tantangan yang berat bagi Dewan Pendidikan Kabupaten Karo kedepan, diantaranya:

  • Karo harus eksis dan bekerja nyata namun dengan ikhlas dan tulus.
  • Karo harus mampu memberikan kontribusi dan sumbangsih pemikiran untuk memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Karo sepertihalnya tahun 70-80-an.
  • Susunlah program kerja dan kegiatan yang tidak muluk-muluk dan terlalu banyak tapi harus fokus pada kegiatan yang sifatnya strategis dan tepat sasaran. Jangan memikirkan hal-hal yang tidak perlu yang hanya membuang-buang waktu saja.
  • Program kerja dan kegiatan yang akan disusun oleh Dewan Pendidikan hendaknya diselaraskan dengan pencapaian visi dan misi Pemerintah Kabupaten Karo khususnya pada peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Karo.
  • Dewan Pendidikan Kabupaten Karo harus ikut mengkaji pendirian sekolah-sekolah dan PerguruanTinggi yang berkualitas dan unggul di Tanah Karo. Jika perlu studi banding kedaerah lain. Jika hal ini terwujud maka 4.000 sampai 5.000 pelajar dan pemuda potensial dari tanah Karo bahkan dari daerah lain dapat bersekolah dan kuliah di Kabupaten Karo.
  • Dewan Pendidikan Kabupaten Karo yang terpilih dari berbagai latar belakang baik akademisi, praktisi, pemerhati maupun yang yang berpengalaman di dunia pendidikan bahkan sekarang dipimpin oleh seorang professor maka diharapkan dapat ikut memberikan pemahaman, bimbingan dan motivasi bagi guru dan kepala sekolah untuk senantiasa professional menjalankan tugasnya.
  • Dalam waktu dekat dan segera mungkin, Dewan Pendidikan Kabupaten Karo perlu mencari dan menentukan kantor sekretariat yang representative dan tenaga SDM yang membantu kerja kesekretariatan dan operasional Dewan. Dalam hal ini Dewan Pendidikan dapat berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Karo.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo Dr. Drs. Eddi Surianta Surbakti,M.Pd pada kesempatan ini menjelaskan bahwa Dewan Pendidikan merupakan lembaga yang independen yang dapat berkoordinasi dengan Dewan Pendidikan di tingkat provinsi dan tingakat pusat dan bersinergi dengan berbagai pihak seperti dunia usaha dan dunia bisnis dan tentunya dengan dinas pendidikan Kabupaten Karo dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

 

“Pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Kabupaten Karo siap bekerjasama dengan Dewan Pendidikan untuk memajukan mutu pendidikan di Tanah Karo,”

Audiensi ini berjalandengan dialog yang serius namun dalam suasana cair, ramah tamah dan penuh keakraban. Turut mendampingi Bupati Karo yakni Drs. Agustin Pandia (Staf Ahli Bupati Karo), Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo Dr. Drs. Eddi Surianta Surbakti, M.Pd, Kabag. Umum Setdakab Karo Tamat Purba, SH, Kabag. Humas dan Protokol Drs. Joko Sujarwanto, serta Markus Malau, S.Pt, M.Si (Kabid. TIK Dinas Kominfo Kab. Karo).

Diakhir pertemuan, Dewan Pendidikan Kabupaten Karo mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Karo atas penyambutan dan dukungan Pemerintah Kabupaten Karo kepada Dewan Pendidikan Kabupaten Karo. Semoga bimbingan, arahan dan harapan yang disampaikan Bupati Karo menjadi perhatian dalam penyusunan program kerja dan rencana kegiatan yang akan dilakukan Dewan Pendidikan masa bakti 2018-2023 ke depan. Dewan Pendidikan Kabupaten Karo siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Karo guna berkontribusi untuk memajukan mutu pendidikan di Tanah Karo. (Kominfo Karo).