Curah hujan dengan intensitas begitu tinggi dan terjadinya erupsi Gunung Sinabung dalam beberapa hari terakhir, membuat beberapa desa perlu ditangani untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Pada hari ini Jumat (14/5/2021), Ibu Cory Sebayang dan Saya juga unsur TNI dan Polri sepakat untuk meninjau beberapa desa di sekitar Gunung Sinabung yakni, Desa Sukatendel dan Kuta Mbaru di Kecamatan Tiga Nderket.

Disana kami melihat 4 sabodam yang merupakan aliran lahar dingin telah dipenuhi material gunung. Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak dinginkan akibat sabodam itu dipenuhi material, maka kami menurunkan satu unit excavator untuk normalisasi aliran air dari material tersebut.

Tidak hanya itu, kami juga melihat ada beberapa badan jalan dipenuhi abu vulkanik dari gunung. Untuk mengatasi abu tersebut, kami telah menurunkan 4 unit mobil damkar untuk menyiramnya.

Untuk tanaman warga yang diselimuti abu, kami juga telah merencanakan akan membantu pembersihannya. Sebanyak 40 unit blower direncanakan akan diturunkan. Alat ini nantinya akan dioperasikan oleh Poktan-poktan yang berada di desa yang terdampak.

Untuk seluruh masyarakat Karo khususnya di daerah sekitar Kaki Gunung Sinabung, mari tetap waspada dan selalu mengutamakan keselamatan.

#BersamaKitaBisa

Sumber: FB Theopilus Ginting