Gapura Kantor Camat Tigabinanga sudah dihias menjelang peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia

Kabanjahe-andalas Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini, akan tetap diselenggarakan meskipun masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Namun, penyelenggaraan rangkaian kegiatan peringatannya nanti wajib menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti peringatan detik-detik secara virtual dari Istana Negara Republik Indonesia.

Tak ketinggalan, Kantor Camat Tiga Binanga, Kabupaten Karo, dalam menyongsong HUT ke-75 RI, terlihat sudah bersolek mengemas hiasan sejumlah pemasangan umbul umbul di gapura, dekorasi dan pemasangan gambar Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, dan Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Br Sebayang sebagai wujud Pemkab Karo turut serta memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia yang penuh perjuangan di masa lalu.

Menurut Camat Tigabinanga, Membela Tarigan, Jumat (07/08/2020) kepada media, di sela-sela pemasangan baliho dan umbul umbul, walau tengah berjuang melawan Covid-19, kita tidak boleh kekurangan kreativitas. “Artinya, selalu ada suasana penuh keceriaan saat bulan Agustus tiba,” ujarnya.

Yup, apalagi kalau bukan berbagai persiapan HUT Kemerdekaan RI yang selalu dilakukan dengan penuh semangat oleh masyarakat di berbagai penjuru tanah air, umumnya khususnya di Kecamatan Tigabinanga.

Beragam tradisi persiapan selalu dilakukan, mulai dari kebiasaan mempercantik lingkungan, lomba dan festival yang menambah semarak Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia. "Namun, tahun ini akan terasa berbeda karena masyarakat masih dihadapkan pada situasi pandemi,” jelas Tarigan.

Itu semua dilakukan berangkat dari panggilan hati nurani. "Sebagai Pamong, tentu refleksi kegiatan ini, menunjukkan kepada masyarakat dan mengingatkan bahwa setiap 17 Agustus adalah hari bersejarah dalam mengenang kemerdekaan Indonesia," tutur Membela Tarigan.

Terkait hal itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengapresiasi kreativitas yang diperlihatkan Camat Tiga Binanga dalam menyongsong Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, yang tinggal hitungan hari lagi.

Sungguh kreatif, responsif, di tengah situasi pandemi, camat tidak kehilangan kreativitas. Hal itu mencerminkan sudah teraplikasikannya Empat Pilar Kebangsaan, salah satunya NKRI. Semua ini ada karena ada kemerdekaan Republik Indonesia, 75 tahun yang silam.

“Apalagi Kabupaten Karo dikenal sebagai salah satu daerah basis pejuang dalam menegakkan NKRI. Jadi, patutlah kita tetap semangat dan kreatif dalam menyambut perayaan HUT RI walau di masa-masa sulit sekalipun,” kata Terkelin.

Hingga saat ini kita masih berperang melawan penyebaran Covid-19 yang membuat masyarakat harus beradaptasi dengan banyak kebiasaan baru. "Konsep perayaan HUT RI kali inipun dilakukan dengan lebih sederhana dan akan banyak aktivitas virtual yang dilakukan tanpa mengurangi makna kemerdekaan itu sendiri," terang Terkelin. (RTA)

Sumber: https://harianandalas.com