Tanah Karo. LiniPost – Bupati Karo Terkelin Brahmana, menyampaikan pendapat akhir atas Ranperda Kabupaten Karo tentang pedoman pemberian nama jalan, Fasilitas umum dan pemberian nomor bangunan dan Ranperda tentang pengelolaan sampah, pada Rapat Paripurna DRPD Karo, Rabu (15/7/2020) malam, di Ruang Sidang DPRD Karo Jalan Veteran Kabanjahe.

Dalam pendapat akhir, Bupati karo menyampaikan ucapan terimaksih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada pimpinan dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Karo yang telah sungguh sungguh tanpa lelah melakukan pembahasan atas kedua Ranperda itu, hingga dapat menjadi produk hukum.

“Prodak tersebut dapat menjadi landasan dan pedoman bagi semua pihak dalam beraktifitas dan bermasyarakat di Kab. Karo,” katanya.

Ia mengatakan, patut di ucap syukur, karena seluruh anggota DPRD Karo, secara bulat memberikan persetujuannya atas dua Ranperda yang diusulkan Pemda Karo menjadi peraturan Daerah (Perda).

Di sisi lain, pihaknya menyadari bahwa selama dalam proses pembahasan pasti muncul berbagai pandangan, masukan dan saran yang sangat konstruktif, bahkan sangat mungkin terjadi silang pendapat dan adu argumentasi.

“Itu semua merupakan sebagai cerminan berdemokerasi demi terciptanya rumusan Perda yang baik dan dapat mendatangkan manfaat yang sebesar besarnya bagi masyarakat di Kabupaten Karo yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Sementara, Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, menyebutkan, untuk tugas selanjutnya adalah mengimplementasikan dan mensosialisasikan Perda tersebut di tengah masyarakat.

Pun begitu, kata dia, tapi harus disertai fungsi pengawasan yang optimal baik pengawasan fungsional di internal pemerintah daerah, dan pengawasan politik di DPRD dan pengawasan masyarakat.

“Tidak akan ada artinya suatu Perda yang baik, jika tidak dilaksanakan atau gagal dalam pelaksanannya dalam menjalankan tata kelola pemerintahan yang baik di Kabupaten Karo pada masa mendatang,” tuturnya.

Pada penghujung acara, Bupati bersama Ketua DPRD, Wakil Bupati Karo Cory seriwaty br Sebayang, Wakil ketua DPRD Karo Sidarta Bukit dan Dapit Kristian Sitepu, Sekda Drs Kamperas Terkelin Purba, Sekwan Kabupaten Karo Petrus Ginting dan seluruh ASN Kabupaten Karo, menyaksikan penandatangan persetujuan antara eksekutif dan legislatif terhadap 2 Ranperda ditetapkan menjadi Perda Kabupaten Karo. (Teguh Andika)

Sumber: https://linipost.com