Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH bersama Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono SH SIK, Kajari Karo Denny Ahmad SH MH, Sekda Drs Kamperas Terkelin Purba, Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan, Ketua Bawaslu Eva Juliani Br Pandia dan lainnya sedang mengikuti Rakor Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Secara Serentak 2020 | topmetro.news

Masih Banyak Daerah di Sumut Belum Siap Alokasikan Anggaran Pilkada

topmetro.news – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH dapat pujian dari Mendagri RI Prof Drs H Tito Karnavian MA PhD. Hal itu terkait kesiapan Pemkab Karo menggelar Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) yang akan digelar secara serentak di 270 daerah di Indonesia pada 9 Desember 2020.

“Mana Bupati Karo. Coba berdiri. Mejuah-juah, horas,” ujar Tito Karnavian dari podium saat tampil sebagai narasumber pada Rakor Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Secara Serentak 2020, Jumat (3/7/2020), di Hotel Grand Aston, Medan.

Mendengar namanya disebut, Bupati Karo yang saat itu mengenakan kemeja putih langsung berdiri dari tempat duduknya. Dia pun melambaikan tangan ke arah Mendagri.

“Terimakasih Pak Bupati. Kesiapannya sudah bagus. Ini contoh kecil. Pemkab dan KPUD-nya sudah siap menggelar Pilkada. Patut kita apresiasi,” ungkap Tito sembari memberikan aplaus, kemudian disambut tepuk tangan hadirin.

Bupati Karo juga mengucapkan terima kasih kepada Mendagri sembari menundukkan kepalanya sebagai tanda hormat kepada mantan Kapolri ini seraya mengucapkan ‘mejuah-juah’.

Acara tersebut turut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI Prof Mahfud MD, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono SH SIK, Kajari Karo Denny Ahmad SH MH, Sekda Drs Kamperas Terkelin Purba, Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan, Ketua Bawaslu Eva Juliani Br Pandia, dan lainnya.

Tito juga menyebut, berdasarkan laporan yang diterimanya, masih banyak daerah di Sumut yang belum siap mengalokasikan 100 persen penganggaran untuk pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

“Daerah yang belum sepenuhnya 100 menyiapkan anggaran Pilkada, dianjurkan segera memperbaiki dan membenahinya,” ujar Tito. Dia pun menyebut ada juga daerah yang sudah siap 100 persen, seperti Pemkab Karo. Tentu patut diapresiasi dan dipuji.

Persiapan Pilkada Karo
Seusai rakor, Terkelin kepada wartawan mengatakan, anggaran untuk Pilkada Karo sudah rampung dan 100 persen siap digunakan. Sehingga Pemkab Karo tidak ada lagi keraguan dalam penyelenggaraan Pilkada.

Sementara Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara juga mengaku, TNI siap bersinergi dengan Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat saat Pilkada digelar di Karo.

Hal itu ditegaskan Dandim setelah mendengar paparan Mendagri. Bahwa Pilkada serentak sangat membutuhkan keberadaan TNI dan Polri dalam menciptakan situasi kondusifitas di wilayah teritorial masing-masing.

Sementara Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan membenarkan, bahwa pihaknya sebagai penyelenggara Pilkada sudah 100 persen siap bergerak, menggunakan realisasi NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) APBD Karo demi suksesnya Pilkada Serentak 2020.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Sumber: https://topmetro.news