Bupati Terkelin Brahmana bersama Dandim 0205 /TK, Letkol Inf Taufik Rizal, Kadis BKKBN Drs Seruan Sembiring dan Kepala UPTD Puskesmas Kabanjahe, Dr Lapan Tarigan mengunjungi pelayanan KB serentak.(andalas/robert tarigan)

Kabanjahe-andalas Kodim 0205/TK, dalam rangka bakti sosial TNI Manunggal KB kesehatan Provinsi Sumatera Utara 2020, bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemkab Karo, dan bersamaan memperingati Hari Keluarga Nasional XXVII, melakukan kunjungan untuk melihat pelayanan KB serentak sejuta apseptor, Senin (29/6) di UPTD Puskesmas Kecamatan Kabanjahe.

Turut hadir Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH bersama Dandim 0205/TK, Letkol Inf Taufik Rizal, Kepala Dinas BKKBN Drs Seruan Sembiring dan Kepala UPTD Puskesmas Kabanjahe, Dr Lapan Tarigan. Dalam arahannya, Bupati mengatakan, selama masa pandemi Covid-19, keluarga lebih banyak di rumah. Jadi banyak di rumah ini memengaruhi kebijakan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan keluarga Berencana (Bangga Kencana).

Menurut Terkelin Brahmana, ketahanan keluarga bergantung juga dari bagaimana menyejahterakan keluarga. “Bagaimana memberikan pendidikan yang layak pada anak, kesehatan, kemudian juga menafkahi anak. Dengan perencanaan yang baik, kita bisa menyiapkan keluarga yang sehat dan juga produktif,"jelasnya.

Dia juga memuji perpaduan kegitan bakti sosial TNI KB Kesehatan dengan memperingati hari Keluarga Nasional (Harganas) dengan tetap memperhatikan Pprotokol kesehatan yang ada, sehingga undangan terbatas. “Protokol kesehatan memang mutlak harus dijalankan di tengah aktivitas kita sekarang ini,”tegas bupati.

Lebih jauh Bupati Terkelin Brahmana mengatakan, peringatan Harganas dimaksudkan untuk mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia terhadap pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.

Hal yang sama dituturkan Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara. Kegiatan bakti sosial ini kolaborasi dengan Pemkab Karo dalam memperingati puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) setiap 29 Juni 2020. "Mengangkat tema, “BKKBN Dengan Cara Baru, dan Semangat Baru Hadir di Dalam Keluargamu" dalam Pelayanan KB serentak sejuta Akseptor,”kata Taufik.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten Karo, Seruan Sembiring mengatakan, peringatan Harganas 2020 kali ini, dilaksanakan secara sederhana. Dia mengaku peringatan Harganas XXVII tahun ini dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia sekaligus menargetkan layanan KB sejuta akseptor.

Di samping itu, pihaknya telah menyerukan kepada masyarakat Karo pentingnya mengadakan pemasangan implan (KB susuk) dan seusai hasil daftar yang telah kita lakukan sudah mencatat 1.083 orang."Namun, sesuai rencana target Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Karo kita akan pasang implan sebanyak target 328 orang, dengan pelaksanaan satu hari, yaitu hari ini saja,"tutur Sembiring.

Di saat kunjungan, salah satu warga Laudah Kabanjahe, Ernita Sihombing (50), sebagai paserta yang dipasang implan disaksikan Bupati Terkelin Brahmana dan Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara, sangat berterimakasih dengan diadakannya kegitan ini, hal ini sangat membantu bagi dirinya. Ketika ditanya mengapa dipasang implan, Ernita mengaku sudah cukup memiliki dua orang anak, sehingga antisipasi tidak menambah anak dengan cara memasang implan.(RTA)

Sumber: http://harianandalas.com