Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH mengusulkan kepada masyarakat untuk segera membangun 'sumur serapan', guna mengatasi kondisi Jalan Desa Salit Kecamatan Tigapanah Karo yang selama ini terendam air | topmetro.news

topmetro.news – Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH mengusulkan kepada masyarakat untuk segera membangun ‘sumur resapan’. Hal itu guna mengatasi kondisi Jalan Desa Salit Kecamatan Tigapanah Karo yang selama ini terendam air.

Hal itu diungkapkan Bupati Karo didampingi Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara saat berdialog dengan masyarakat Desa Salit dalam rangka HUT ke 70 Kodam I/BB, Kamis (11/6/2020). Dirangkaikan dengan pembagian Sembako kepada masyarakat Desa Salit.

“Tapi sebelum Dinas PUPR Karo turun ke lapangan, untuk memperbaiki jalan raya yang terendam air tersebut, dengan cara membangun ‘sumur resapan’, tentu kami bertanya kepada masyarakat. Apakah setuju dibangun atau tidak,” ujar Bupati.

Menyangkut kesepakatan itu, ujar Bupati, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada kades. Hal itu guna menghindari riak-riak di masyarakat ketika Pemkab Karo melakukan perbaikan.

Respon Masyarakat
Menyahuti usulan Pemkab Karo, Kades Desa Salit Kecamatan Tiga Panah Arianda Purba melemparkan program tersebut kepada masyarakat. Lalu disambut masyarakat secara serentak menyatakan persetujuannya.

“Jangan nanti seperti yang sudah pernah kita alami, baru baru ini. Yang sudah kita sepakati bersama, tiba-tiba menolak. Ini yang menjadi kekuatiran saya. Semoga hal serupa tidak terulang lagi,” katanya.

Pada prinsipnya, kata Arianda, pihaknya setuju terhadap pembangunan ‘sumur resapan’ di lokasi KUD (Koperasi Usaha Desa). Supaya pembuangan air dari kamar mandi masyarakat, tidak meluber lagi ke jalan raya. Sehingga tidak lagi mengganggu arus lalu lintas.

Mendengar hal itu, warga spontan dan serentak menyatakan ‘setuju’ sambil bertepuk tangan. Apalagi untuk kebersamaan sesama warga Desa Salit, wajib didukung dan berterima-kasih kepada Bupati Karo berserta rombongan yang peduli masyarakat.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Sumber: https://topmetro.news