Rombongan Bupati Karo saat berkunjung ke Perpamsi Sumut. Ist

Karo | Jurnal Asia
Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Dirut PDAM Tirta Malem Jonara Tarigan menyambangi Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) Sumut di Jl. Sisingamangaraja No.1 Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Medan Kota, Selasa (25/2/2020).

Kedatangan Bupati Karo bersama rombongan langsung disambut hangat oleh Dirut PDAM Tirtanadi Trisno Sumantri beserta anak buahnya, selanjutnya Dirut mengajak rombongan bersama stafnya menuju ruangan rapat yang telah dipersiapkan bagi tamu untuk konsultasi.

Diawal pembicaraan Bupati Karo Terkelin Brahmana mengemukakan maksud kedatangan mereka ingin konsultasi cara memecahkan permasalahan yang saat ini dialami PDAM Tirta Malem Karo, berupa krisis air bersih bahkan untuk penyuplaian air bersih berhenti akibat sumber mata air tidak cukup memenuhi semua pelanggan.

Cerita Terkelin, anehnya sumber mata air di Karo banyak selain itu ada tambahan mata air dari Aek Bolon. “Semua ini juga tidak cukup, sehingga permasalahan PDAM Tirta Malem terjadi menahun hingga sekarang tak kunjungan stabil, bahkan semakin parah dan collaps,” katanya.

Berbagai cara sudah ditempuh, dikatakan Terkelin diantaranya membentuk tim penyegaran penyehatan PDAM Tirta Malem namun hal ini juga tidak ada pengaruhnya.

“Untuk itu kami minta Perpamsi dan Tirtanadi dapat bekerjasama dengan Pemda Karo menuntaskan akar permasalahan, jika perlu Tirtanadi dan Perpamsi kami berikan perpanjangan tangan, bila aturan mengizinkan untuk menilai dalam rekrutmen personil dan adminitrasi pengelolaan PDAM Tirta Malem,” ungkapnya.

Menyahuti cerita Bupati Karo Dirut Tirtanadi Trisno Sumantri sekaligus Ketua Perpamsi Medan angkat bicara bahwa dimana mana persoalan PDAM hampir semua mengalami hal yang serupa.

Trisno mengemukakan strategi pertama yang harus dilakukan dulu antara PDAM Tirta Malem dengan Perpamsi yaitu keduanya membentuk tim kecil, melalui surat penugasan, sesuai teknis dan bidangnya. (Herman/wo)

Sumber: http://www.jurnalasia.com/