Keterangan Gambar : Kadinkes Karo dan Kepala Puskesmas menyampaikan kesehatan dalam bentuk nyanyian( foto: R Tarigan)

RADARMEDAN.COM,KARO- Hari Kesehatan Nasional (HKN )yang diperingati setiap tanggal 12 November  merupakan agenda nasional, turut dilaksanakan di setiap daerah. Dalam memeriahkan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 55 tahun ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Karo menggelar berbagai kegiatan dan lucky draw, pemeriksaan kadar gula gratis serta perlombaan di (Jambur) aula Gerga Mulawari Tigapanah Kecamatan Tigapanah Kabupaten Karo, Jumat (29/11) 2019 pukul 09.00 WIB dengan tema “Generasi Sehat Indonesia Unggul”.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo, drg  Irna Safrina Meliala menyikapi permasalahan stunting agar bekerjasama dengan semua elemen masyarakat agar menjaga kebersihan bersama.

“Mulai dari janin hingga kelahiran bayi itu harus kita pantau, tetapi tidak terlepas dari faktor lingkungan itu juga harus kita perhatikan bersama sama. Kita menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar tidak membuang Air Besar (BAB) sembarangan karena bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit,”jelasnya.

Sementara, Wakil Bupati Karo, Cory Seriwaty Br Sebayang dalam sambutannya mengatakan, Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap tanggal 12 November dalam satu rangkaian kegiatan, baik ditingkat Pusat maupun Daerah.Pembagunan kesehatan sebagai pelaksana amanat UUD  1945 telah mencapai hasil yang menggembirakan. Pembangunan kesehatan Pemda Karo  telah berkontribusi dalam pembangunan manusia dengan meningkatnya nilai indeks pembangunan kesehatan masyarakat (IPKM) tahun 2018 adalah bukti nyata capaian pembangunan kesehatan sepanjang lima tahun terakhir.

“Angka stunting Balita, angka kematian ibu dan angka kematian neonatal.  Strategi pembangunan kesehatan yang kita bangun melalui tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui jaminan kesehatan Nasional. Melalui program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas),” katanya.

Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK), Program Nusantara Sehat (NS), dan program JKN, bersama seluruh komponen kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor, dengan beragam tantangan dab rintangan telah berhasil menyelesaikan beberapa masalah -masalah kesehatan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat.

Sementara itu, Direktur RSUD Kabanjahe, Dr. Arjuna Bangun selaku perwakilan RSU Se- Tanah Karo, menyampaikan jika pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut. Sehingga masyarakat juga mengetahui adanya Hari Kesehatan Nasional.

“kita sangat mendukung atas kegiatan ini, selamat memperingati Hari Kesehatan Nasional(HKN) yang ke 55 semoga apa yang kita harapkan di kegiatan ini tercapai,dan kepada Kadis Kesehatan, saya ucapkan sukses atas terlaksananya kegiatan ini,” ucapnya.

Turut hadir dalam memperingati HKN,  Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Br Sebayang Staf Ahli Pemkab Karo, Pimpinan OPD Kab Karo,Kesbangpol, Kadis Sosial, Kadis Perizinan, Camat Se-Kabupaten Karo, Kejaksaan Negeri Kabanjahe, Kepala Puskesmas Se – Kabupaten Karo, IDI, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta Para undangan lainnya.(RT/RM)

 

Sumber: https://radarmedan.com/