Mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah provinsi Sumatera Utara, khususnya di Kabupaten Karo, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH mengikuti rapat koordinasi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Sumatera Utara di Aula Raja Inal Siregar Kantor Gubernur Sumut di Medan, Jumat (20/9).
 
Rapat koordinasi ini dipimpin langsung oleh Gubernur Sumatera Utara, Edi Rahmayadi yang didampingi oleh Forkopimda Provinsi Sumut. Rapat ini dikakukan sehubungan dengan meningkatnya potensi kebakaran hutan dan lahan serta terdampaknya beberapa daerah di wilayah provinsi Sumatera Utara akibat asap kiriman dari provinsi lain. 
 
Gubernur Sumatera Utara secara tegas memerintahkan semua pemerintah daerah dan forkompimda di kabupaten/kota untuk bekerja sama dan berperan aktif dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan di daerahnya masing-masing, membentuk posko-posko kebakaran hutan dan lahan, dan berpediman terhadap instruksi Presiden.
 
Di Kabupaten Karo sendiri, menindaklanjuti Instruksi Presidan RI nomor 11 Tahun 2015 tentang peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan Bupati Karo, Terkelin Brahmana, SH sudah memerintahkan BPBD  Kabupaten Karo dan instansi terkait untuk melakukan tindakan pencegahan. Pemda Karo dan Forkopimda Karo sendiri juga sudah melakukan rapat mengantisipasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Aula Kantor Bupati Karo pada tanggal 15 Agtustus 2019 dan pembahasan rencana aksi daerah pencegahan kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Karo pada tanggal 23 Agustus 2019 di Penatapan sipiso-piso Tongging.
 
Tindak lanjut rapat tersebut, TNI dan Polres Tanah Karo dan BPBD Karo sudah melakukan pemasangan baliho dan spanduk himbauan pencegahan kebakaran hutan dan rawan di seluruh kecamatan di kabupaten Karo terutama di titik-titik rawan kebakaran hutan dan lahan (RS/BPBD Karo).