Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Karo mengadakan pertemuan dan sinkronisasi rencana aksi daerah pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Restoran SIpiso-piso Tongging Kecamatan Merek, Jumat 23 Agustus 2019. Kegiatan ini sebagai lanjutan rapat koordinasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang dilaksanakan Kamis, 15 Agustus 2019 di Aula Bupati Karo.

Kegiatan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Karo merupakan tindak lanjut pengarahan Presiden Republi Indonesia, Ir. Jokowi dalam rapat koordinasi nasional pengendalian kebakaran hutan dan lahan di seluruh wilayah Indonesia pada hari Selasa, 6 Agustus 2019 di Jakarta.

Turut hadir dalam pertemuan dan sinkronisasi rencana aksi daerah pengendalian kebakran hutan dan lahan antara lain Bupati Karo di yang diwakili oleh Ass I Drs Suang Karo-karo, Dandim 0205/TK di wakili oleh Kasdim 0205/TK Mayor Inf D. Marfaung, Kapolres Tanah Karo di wakili oleh Kapolsek Tigapanah AKP R. Simanjorang, Para Asisten Setda Kab. Karo. kepala OPD dan Camat di lingkungan Pemkab Karo, Perwakilan Dinas Kehutanan Provsu, Masyarakat Peduli Api (MPA) dan undangan lainnya.

Berdasarkan pertemuan tersebut, disepakati untuk menjaga dan terpadu untuk mencegah terjadinya kebakaran Hutan dan lahan di Kabupaten Karo, perlunya Senergitas semua dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan, mengkedepankan Tim Manggala Agni sebagai Tim Ahli Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan, Sosialisasi kepada Masyarakat yang berbatasan dengan Hutan dan Para Pengunjung Wisata  di tempat tujuan wisata untuk pencegahan Karhutla dan kesiapan TNI dan Polri dalam membantu dan mengamankan pencegahan dan pengendalian Karhutla di Kab. Karo.