Berita Karo.OLNewsindonesia,Selasa(02/07)

Festival Bunga dan Buah kota Berastagi yang di pusat kan di area Taman Mejuah-juah, jalan Merdeka Berastagi Kabupaten Karo, siap digelar selama tiga hari (5-7 Juli) dan Pemerintah Kabupaten Karo telah mengalokasikan dana Festival Bunga dan Buah tahun 2019 ini dari Anggaran APBD Kab. Karo sebesar Rp 642 juta rupiah .

Hal ini dikatakan ketua panitia kegiatan Mulia Barus bersama sekretaris Barto Barus disaksikan Bupati Karo Terkelin Brahmana, Sekda Kabupaten Karo Terkelin Kamperas Purba, Ketua TP PKK Karo Sariati Br Sitompul serta Pimpinan dan perwakilan OPD terkait dalam konferensi pers pada Selasa (02/07) 2019 di Gedung Kesenian Taman Mejuah-Juah Berastagi .

Adapun ragam kegiatan yang dilakukan berupa perlombaan Pentas Rakyat (Drum Band), Pentas Seni, Pakaian Adat/Budaya Karo dan Kampung Kopi dan berbagai perlombaan lainnya, termasuk pawai mobil hias dengan ornamen bunga dan buah. Selain perlombaan, di lokasi, akan dilakukan berbagai pameran seni dan budaya serta hasil pertanian bunga dan buah dalam kios yang sudah disediakan panitia. “Akan ada Kampung Bunga dan kampung Kopi di lokasi,” katanya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH menyebutkan ,”pelaksanaan Festival Bunga Dan Buah ini bertujuan untuk menarik wisatawan Lokal , Nusantara hingga Mancanegara dengan harapan Festival ini bisa go Internasional . Hal serupa juga disampaikan oleh Sekda Kab Karo. Ia menyebut perbaikan dan persiapan sudah dilakukan.

Sementara itu , dalam tanya jawab dengan wartawan, persiapan lapangan yang dilakukan panitia yang terdiri dari lintas OPD belum tersintegritas. Pasalnya, toilet maupun jamban cadangan belum ada dipersiapkan panitia. Kemudian rute rute jalan alternatif belum mendapat sentuhan maksimal yang mengurai kemacetan kelak kala pesta digelar.


Ket foto : tampak panitia bergotong royong di lokasi Taman Mejuah-Juah Berastagi yang akan di jadikan tempat Festival Bunga dan Buah pada tanggal 5 – 7 Juli 2019. Selasa (02/07) 2019

Selain itu, sampah dan stand di lokasi pusat puncak pesta masih belum teratasi dengan sempurna. “Toilet portable harus ada dan sangat dibutuhkan,” kata salah satu wartawan. Kemudian, publikasi dan sosialisasi kepada khalayak ramai masih sangat minim.

Meski demikian, panitia dalam konferensi pers itu mengaku menyadari segala kekurangan jelang pesta yang diharapkan dapat menggaet wisatawan. Pihak panitia juga menyebut menerima segala masukan dan kritik serta saran dari wartawan untuk perbaikan acara serupa di tahun berikutnya.

Di tempat yang sama Wakil Bupati Karo Cory S br Sebayang yang ditemui disela-sela pemantauan langsung di Taman Mejuah-Juah menyampaikan, mengaku persiapan sarana dan prasarana tempat dan lokasi pelaksanaan Festival ini masih terdapat kekurangan  disana sini dan hal ini akan terus dikebut sampai 100 % ,” ucap Bu Cory Sebayang.

Mulia Barus Kepala Dinas Pariwisata Karo menambahkan, melalui Festival Bunga dan Buah ditargetkan 12 ribu wisatawan bisa hadir.  Dan di rencanakan Festival Bunga dan Buah tersebut dibuka Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, dan juga dihadiri oleh Kementerian Pariwisata RI,” pungkasnya.

Konferensi pers ini turut dihadiri Wakil Bupati Karo Cory Seriwaty Br Sebayang, Ketua TP PKK Karo, Ny. Terkelin Br Sitompul, Sekdakab Karo, Kamperas Terkelin Purba, Kadis Dishub Gelora Fajar Purba, Kadis Kesehatan Drg. Irma S Meliala, Kadis Perizinan, Susy Br Bangun, Kabag BPMD, Abel Tarigan dan Mulia Tarigan

(David)

Sumber: https://olnewsindonesia.com