Berita Karo.OLNwsindonesia,Rabu(27/03)

Ketua TP PKK Kab Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana bersama Kadis Pendidikan Eddi Surianta Surbakti, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Anak dr Hartawaty Br Tarigan mengunjungi desa Bulanjulu Kec . Barusjahe Kab . Karo dalam rangka kampanye Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) .

Ny Sariati Terkelin saat berkumpul dan tatap muka bersama anak anak petani Kopi di SD Bulan julu mengatakan kalau
kegiatan ini dilakukan di SD Bulanjulu dengan berkerjasama dengan Sturbuck Foundation International oleh Ms Michelle Head of Starbucks International, Seattle. US dan Lutheran World Relief (LWR) Medan serta Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA), Rabu (27/03) 2019 pukul 15.00 WIB .

Meningkatkan derajat kesehatan tidak harus selalu dengan program melulu . Hal-hal sederhana seperti membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun lewat pendidikan di sekolah, jika konsisten dikerjakan dampaknya sangat nyata untuk meningkatkan status kesehatan masyarakat. Inilah bersama komunitas yang lain kita kampanye PHBS pada anak anak petani Kopi sekolah SD Bulanjulu, sebab anak-anak merupakan elemen masyarakat paling energik, antusias, dan terbuka pada ide-ide baru,” kata Ny. Sariati.


Ket foto : Ketua TP PKK Kab Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana didampingi Kadis Pendidikan Drs Eddi Surianta (pakai kacamata) bersama Sturbuck Foundation international, LWR Medan berfose di sela sela kegiatan di lingkungan sekolah dasar Bulanjulu Kec Barusjahe Kabupaten Karo, Rabu) 27/03) 2019

Karena itu, anak-anak bisa menjadi target untuk menanamkan kebiasaan hidup bersih. Jika sejak kecil ditanamkan perilaku hidup sehat, anak akan merasa tidak nyaman jika tidak melakukannya,” jelasnya.

Disisi lain, LWR adalah merupakan forum pelaku usaha komoditas Kopi untuk saling berbagi informasi, dan hadir saat sekarang ini bersama kita, untuk itu disamping sebagai anak anak petani Kopi hidup sehat, tanaman Kopi diitikberatkan pada upaya peningkatan kualitas dan kuantitas Kopi . Dengan demikian, kesejahteraan petani Kopi meningkat seiring dengan semakin tingginya permintaan, ” imbuhnya.

Kedepan saya berpesan bagi anak anak petani Kopi agar selalu menjaga kebersihan dan menjaga kesehatan walaupun kita anak petani kita tetap hidup aturan perilaku sehat,” tandasnya.

Sementara Kadis pendidikan Eddi Surianta Surbakti mengapreisasi program yang diprakarsai oleh Ketua TP PKK Kab Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana, dengan berkolaborasi dinas OPD yang lainnya dalam kampanye penerapan PHBS, ” ujarnya.

Ini patut kami dukung atas terobosan Ibu PKK dan menjadi perhatian kita bersama, sehingga kegiatan ini kita arahkan kepada anak anak sekolah petani Kopi untuk dapat kampanyekan hidup bersih dan sehat melalui Tim PKK Kab Karo,” ucap Eddi.

Hal senada dikatakan Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Anak Dr Hartawati Br Tarigan bahwa apa yang dilakukan ibu-ibu PKK Kab Karo merupakan suatu kegiatan yang mengedukasi kesehatan masyarakat juga akan diperluas di lingkungan keluarga dan umum, salah satu melalui kampanye penerapan PHBS seperti sekarang ini,” tuturnya.

Penerapan ini mencakup memberdayakan keluarga dan lingkungan agar tetap bersih dan sehat,walaupun sebagai anak anak petani Kopi tidak kalah dengan kehidupan anak anak bukan petani Kopi dalam menjaga kebersihan dan kesehatan, ini harus kita sosialisasikan betapa pentingnya PHBS, ” tegasnya.

Mengingat kegiatan ini merupakan upaya pemberdayaan masyarakat untuk hidup sehat, sudah sepatutnya mendapat perhatian dan dukungan. Karena itu, diharapkan partisipasi aktif masyarakat untuk menerapkan langkah kecil mempraktikkan PHBS agar anak anak petani Kopi khususnya di Kab . Karo dapat hidup lebih sehat, ” pungkasnya.

(David)

Sumber: https://olnewsindonesia.com