Lau Baleng, 26 Feb 2016

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH Bersama Wakil Bupati Karo Cory  Sebayang, Dandim 0205/Tk Letkol Inf Taufik Rizal Hadiri Panen BERsama Panen Raya padi di wilayah Laubaleng-Mardinding, acara panen raya padi ini ditempatkan di kawasan pertanian Payah Lah-lah, Desa Ramba Tampu, Kec. Lau Baleng, Senin(26/2).

Panen padi raya ini ditandai dengan pemotongan padi secara simbolis oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH didampingi Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang dan bersama Unsur FKPD Kab Karo.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH dalam sambutannya mengatakan” kabupaten karo sebagaimana kita ketahui merupakan salah satu daerah sentra tanaman pangan, khususnya padi dan jagung, dimana padi dan jagung merupakan komoditi pertanian  penopang perekonomian sebagaian masyarakat di kabupaten Karo”
Bupati Karo juga menambahkan “salah satu agenda Nawa cita Presiden RI terkait sektor pertanian adalah mewujudakan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sektor sektor strategis ekonomi domestik, dimana dua program aksi strategis yang dicanangkan adalah membangun kedaulatan pangan berbasis agrobisnis kerakyatan dan membangun kedaulatan energi berbasis kepentingan nasional”
“dukungan dari TNI angkatan darat juga diperoleh dengan ditandanganinya MoU kementrian pertanian dengan Kepala Staf AD bahwa seluruh Babinsa akan membantu petani agar program swasembada pangan ini dapat terwujud” Ungkap Bupati Karo
Bupati Karo juga berharap seluruh peran stakeholder, forkopimda, penyuluh pertanian untuk lebih aktif dalam pelaksanaan program peningkatan produksi padi jagung demi terwujudnya swasembada pangan.

Selanjutnya ssetelah pemotongan padi secara simbolis, Bupati dan Wakil Bupati Karo berserta Unsur Forkopimda menaiki dan mendemokan mesin pemotongan padi.
Acara ini juga diisi dengan lomba pemotongan padi dengan arit yang diikuti oleh para kepala desa.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolres TK Kompol E Situmorang, Anggota DPRD Karo Junita br Sembiring, M. Rapi Ginting, Kepala Bappeda Nasib Sianturi, M.Si, Kadis pertanian Sarjana Purba, Kadis PMD Abel tarigan, Kadis Kesehatan drg. Irna Sembiring, Kadis Sosial Benyamin Sukatendel, Kasatpol PP Hendrik P Tarigan, Kepala Bakesbangpol Tetap Ginting, Camat Laubaleng Asmona Perangin angin, Camat Mardinding Juspri  Nadeak, Pimpinan Cabang Bank BRI Kabanjahe Sudono, Kepala BPS, Muspika Kecamatan dan dihadiri para petani dan masyarakat.

(Bag. Humas dan Protokol)