Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Republik Indonesia, di Kabupaten Karo berlangsung hikmad dan sukses. Upacara dipimpin langsung oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, di Stadion Bola Samura Kabanjahe, Rabu (17/8).

Tepat pukul 10.00 WIB, sirene dibunyikan selama satu menit, pertanda peringatan detik-detik Proklamasi. Dilanjutkan dengan pembacaan naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Karo Nora Else Surbakti.

Upacara peringatan HUT ke-71 RI, turut dihadiri Wakil Bupati Karo Cory Sebayang, Kapolres Karo AKBP Rio Nababan, Kepala Kejari Tanah Karo, Ketua Pengadilan Negeri Kabanjahe, Dandim 0205/TK, Danyon 125/Simbisa, Wakil ketua DPRD dan anggota DPRD Karo, Ketua TP PKK Kab. Karo S. Sitompul, para tokoh masyarakat dan veteran.

Bupati Karo dan unsur FKPD menerima pawai keliling kota di depan rumah dinas Bupati Karo Jalan Veteran Kabanjahe.

Ribuan penonton baik warga Kota Kabanjahe dan sekitarnya tumpah ke jalan raya untuk menyaksikan pawai keliling kota yg dimeriahkan pasukan drum band dari SMP sederajat dan SMA sederajat.

Sebelumnya, pada pagi pukul 08.00 WIB digelar apel pagi peringatan HUT ke-71 RI di sekolah-sekolah.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH bertindak sebagai pembina upacara di SMP RK 1 Kabanjahe.

Pada saat yang bersamaan, turut menjadi pembina apel pagi unsur FKPD Kabupaten Karo di beberapa sekolah sebagai berikut : Wakil Bupati Karo Cory Sebayang menjadi Pembina Upacara di Yayasan Perguruan GBKP Kabanjahe, Dandim 0205/TK Letkol Inf. Agustatius Sitepu menjadi Pembina Upacara di SMP Santa Maria Kabanjahe, Kapolres Tanah Karo AKBP Rio Nababan menjadi Pembina Upacara di SMP Bhayangkari Kabanjahe, Kepala Kejaksaan Negeri Kabanjahe menjadi Pembina Upacara di SMP Negeri 1 Kabanjahe, Ketua DPRD Kab.Karo Nora Else Surbakti menjadi Pembina Upacara di SMP Methodist Kabanjahe, Ketua Pengadilan Negeri Kabanjahe menjadi Pimpinan Upacara di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabanjahe dan Dan Yon 125 / Simbisa menjadi Pembina Upacara di SMP Negeri 2 Kabanjahe

Dihari sebelum, Selasa maam, (16/8) nya Pawai Obor Tabtu juga dilasakan, dan pada pukul 12.00 Wib Renungan Suci dilaksanakan di Makam Pahlawan Kabanjahe.
(Rs/Hms).