GUBERNUR SUMATERA UTARA TENGKU ERRY NURADI MEMINTA KEPADA SELURUH MASYARAKAT DESA LINGGA DAN KABUPATEN KARO AGAR DAPAT MENAHAN DIRI UNTUK MENCIPTAKAN SITUASI YANG KONDUSIF SEHINGGA TERCIPTA KEAMANAN DAN KETERTIBAN MASYARAKAT. JANGAN SAMPAI TERPROVOKASI TINDAKAN-TINDAKAN YANG BERBAU ANARKIS.

Hal ini disampaikan Gubernur ketika melayat keluarga korban meninggal Abdi Saputra Purba di Jambur Desa Lingga Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo, Minggu (31/7).

Gubsu menyampaikan rasa duka yang mendalam kepada warga Desa Lingga atas meninggalnya Almarhum Abdi Saputra Purba. Semoga almarhum ditempatkan Tuhan disisi-Nya dan kiranya keluarga yang ditinggalkan tabah dan sabar. Kepada korban yang luka-luka didoakan cepat sembuh sehingga dapat beraktivitas kembali.

Gubsu menambahkan, kejadian bentrok antara warga dan aparat yang mengakibatkan korban jiwa merupakan duka untuk Sumut. Peristiwa ini merupakan pelajaran berharga bagi semua pihak. Terkait jatuhnya korban jiwa warga lingga, masalah ini akan diserahkan sepenuhnya kepada penegak hukum dan semoga masalah ini bisa selesai dengan baik. Pemerintah Provsu akan tetap mengawal masalah ini.

Kepada Pemda Karo, Gubsu mengingatkan agar Pemda tegas dan bijaksana dalam mengambil kebijakan mengatasi konflik agar tidak berkepanjangan. Ciptakan kondisi daerah yang selalu aman demi kesatuan dan kesatuan. Semoga kedepan hal seperti ini tidak terjadi lagi.

“Kita sangat bersedih dengan kejadian ini” ujar Erry.
Kepada media diminta lewat pemberitaan agar membantu pemerintah untuk menciptakan suasana yang kondusif dan jangan asal tulis sehingga hal-hal yang dapat menimbulkan kesalahpahaman kepada pembaca tidak terjadi.

Turut mendampingi Gubernur Sumatera Utara Pangdam I/BB Mayjen TNI Lodewyk Pusung, Waka Polda Sumut Brigjen Pol Adhi, Wakil Ketua DPRD Karo Efendi Sinukaban, Asintel Dam I/BB Kol Inf Aminton Manurung, Danpomdam I/BB Kol. CPM Yusri Nuryanto SH, Wakabaharkam Mabes polri Irjen Pol Eko Hadi Sutejo, Staf Ahli Kapolri Irjen Pol AP. Simanjuntak, Danrem 023/KS Kol. Inf Richard TH Tampubolon SH, Dandim 0205/TK Letkol Inf Agustatius Sitepu, Danyonif 125/SMB Mayor Inf Robinson Talupadang, Dirsahbara Polda Sumut Kombes Slamet, Kombes Beny L dari Mabes polri, dan anggota DPR RI Saut Parlindungan Purba.
Kedatangan Gubernur Sumatera Utara dan rombongan diterima Bupati Karo Terkelin Berahmana, SH di halaman batalyon 125 Simbisa kabanjahe.

Korban bentrok Abdi Saputra Purba dikebuikan di tempat pemakaman umum Desa Lingga pada Minggu sore. Pemakaman dilaksanakan dalam keadaan aman dan tertib dibantu oleh anggota Kodim 0205/TK dan Koramil 04/SU (Sumber : Mansur S., harian Jurnal Asia)