Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang menghadiri acara workshop peningkatan program Pencegahan dan Pemeberantasan Peyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) tingkat SMP tahun 2016 yang dilaksanakan di Kantor BNN Kabupaten Karo, Jalan Pahlawan Kabanjahe, Rabu, (27/6).

Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua DPRD Karo Efendi Sinukaban, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Drs. Robert Perangin-angin, Sekretaris Dinas Pendidikan Drs. Amri Sinulingga, Perwakilan Dinas Kesehatan, Kepala BNNK Karo Drs. Adlin Muhtar Tambunan, Kepala Sekloah SMP 1 Kabanjahe, SMP N Payung, SMPN 3 Berastagi, dan SMP Sw GBKP Kabanjahe serta Guru-Guru Bidang Study.

Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang sangat mengapresiasi kegiatan P4GN yang dilaksanakan oleh BNNK Karo ini, mengingat hal ini sangat penting kita pahami dan disosialisakan bukan hanya untuk lingkungan dunia pendidikan namun dilingkungan keluarga dan tempat tinggal kita juga perlu kita sampaikan.

Narkoba adalah ancaman serius bagi bangsa Indonesia, berbagai upaya dilakukan oleh bandar dan pengedar untuk menyeludupkan dan memasarkan narkoba hingga ke tangan konsumennya. Pendidikan mempunyai peran strategis dalam penanganan peyahgunaan dan peredaran gelap Narkoba, untuk itu melalui pendidikan kita berharap agar pembangunan berwawasan anti narkoba dapat berjalan dengan baik, jelas Wabup.

Melalui program P4GN ini kita harapkan kedepannya Kabupaten Karo menjadi Kabupaten Bebas Narkoba sebagaimana intruksi presiden Nomor 12 tahun 2011 lebih memfokuskan pencapaian “Indonesia Negeri Bebas Narkoba” sehigga diperlukan kebijakan dan strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (JAKSTRANAS P4GN) sebagai bentuk komitmen bersama, tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Karo Efendi Sinukaban menyatakan bahwa Narkoba sudah sangat darurat di Kabupaten Karo, untuk itu sosisalisasi sangat diperlukan mulai dari tempat ibadah, sekolah, sampai ke desa-desa. Kita lihat dimedia saat ini bahwa yang mengdarkan Narkoba sebagian adalah bangsa Indonesia itu sendiri yang berarti dengan sendirinya kita menghancurkan masa depan bangsa kita sendiri.

Untuk itu harus ditanggulangi se segera mungkin, khususnya kepada Orangtua, Guru dan lainnya harus bersinergi untuk mencegah narkoba. Guru diminta agar mengambil hikmahnya dalam mengajar yang merupakan pengabdian guru kepada murid-muridnya agar terjauh dari bahaya penyalahgunaan narkoba. Kita berharap BNNK Karo menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dalam pemberantasan narkoba, kita patut berbangga BNNK Karo yag baru berumur 2 tahun 4 bulan sudah membuat banyak terobosan-terobosan dalam pemberatasan narkoba di Kabupaten Karo, tambahnya.

Kepala BNNK Karo Drs. Adlin Muhtar Tambunan menjelaskan cara kerja BNNK hanya penekanan terhadap program pencegahan, sehingga diminta kepada Guru dari 4 SMP yang hadir pada saat ini sebagai perpanjangan tangan BBNK Karo agar bekerja lebih baik dalam program Pencegahan dan Pemeberantasan Peyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN), dan nantinya akan diteruskan ke sekolah-sekolah lain yang ada di Kabupaten Karo, ujarnya.

Usai memberikan sambutan dilaksanakan penandatanganan nota kesepakatan kerja sama antara BNNK Karo dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Karo, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karo, dan Dinas Kesehatan tentang Penyuluhan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Narkoba di daerah Kabupaten Karo yang disaksikan oleh Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Karo Efendy Sinukaban.  ‘

Selanjutnya Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang mengahadiri launching penyerahan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap II yang dilaksanakan di Kantor Pos Kabanjahe, Rabu, (27/7). PKH adalah program pemberian bantuan tunai bersyarat kepada Keluarga Sangat Miskin (KSM) yang memenuhi syarat kepersertaan dan ditetapkan oleh Kementerian Sosial.

Wakil Bupati Karo Cory Sebayang memberikan bantuan simbolis kepada Perwakilan warga Sarmila sebesar Rp. 637.500, diteruskan Kepala Dinas Sosial Alemina Bangun, Camat Kabanjahe Gelora Fajar Purba, dan terakhir Kepala Kantor Pos Kabanjahe Sukianto kepada masing-masing perwakilan warga. Adapun Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap II tahun 2016 Kabupaten Karo sebesar Rp. 4.168.525.500, penyerahan bantuan ini dilasanakan sampai dengan tanggal 2 Agustus 2016 di Kantor Pos Kabanjahe . (MNG/Humas)