Foto: JAT/KominfodanPDEKabKaro Foto: JAT/KominfodanPDEKabKaro

Pada hari Selasa tanggal 31 Agustus 2010 pukul 00:10 WIB, Gubsu Syamsul Arifin melakukan kunjungan mendadak ke posko penanganan bencana Sinabung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo di Kabanjahe. Kehadiran Gubsu diterima oleh Sekda Kab. Karo Ir. Makmur Ginting, M.Sc. Beliau mengadakan checking terhadap kegiatan media center penanganan bencana Sinabung.

Gubsu menghimbau kepada seluruh elemen yang turut berpartisipasi untuk tetap menjaga kebersamaan dan terpadu dalam penanganan pengungsi. Sekda Kab. Karo menyampaikan fasilitas yang ada masih cukup untuk kebutuhan 2 (dua) hari.

Disampaikan oleh Gubsu mengenai pengalaman beliau dalam penanganan bencana, kemudian disarankan dan ditekankan perlunya koordinasi antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah Kabupaten Karo untuk memantau perkembangan pos-pos penampungan. Dan himbauan kepada para pengusaha lokal untuk turut membantu dengan harapan agar sumbangan-sumbangan dapat disalurkan melalui satu pintu/posko agar dapat dimonitor pendistribusiannya secara merata.

Setelah meninjau posko media center, Beliau melanjutkan perjalanan ke penampungan-penampungan yang ada di Kota Kabanjahe untuk menemui para pengungsi.