RADARMEDAN.COM, KARO -Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Karo untuk tahun 2021 dibahas dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang diselenggarakan diaula kantor Bupati Karo Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe, Selasa (17/03/2020)  sekira pukul 10.00 WIB.

Peserta acara ini berasal dari unsur DPRD Kabupaten Karo, Bupati Karo, wakil bupati Karo,  Forkopimda perwakilan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara diwakili staf ahli bidang Politik dan Pembangunan, Bank Indinesia(BI) Perwakilan Sumatera Utara, Yura Adlin Djalins, BPS (Badan Pusat Statistik)  Prov. Sumut, Masta Juwita Gurning, perwakilan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, keterwakilan perempuan, Lembaga swadaya masyarakat (LSM ),  seluruh pimpinan OPD (organisasi perangkat daerah) serta camat se Kabupaten Karo.

Dalam sambutan bupati Karo Terkelin Berahmana menyampaikan  pembangunan yang baik haruslah didukung dengan data yang valid dan akurat.  Kelemahan dalam perencanaan pembangunan saat ini kurang ketersediaan data sehingga mempersulit penyusunan arah kebijakan dan pelaksanaan pembangunan.

“Untuk itu perencanaan pembangunan tahun 2021 yang akan datang seluruh usulan proogram dan kegiatan hendaknya dilengkapi dan didasari dengan data yang akurat sehingga agenda pembangunan yang dilaksanakan akan tepat sasaran, efisien dan berkelanjutan,” ungkap Bupati.

Usai Bupati menyampaikan arahannya agenda dilanjutkan dengan paparan dari nara sumber yang hadir secara bargantian.

Lembaga Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sumatera Utara diharapkan  menjadi mitra pendamping dalam mengimplementasikan  proses integrasinya.

Sebagai tahap pendahuluan atas Musrenbang RKPD ini, telah dilaksanakan sebelumnya Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan, dilanjutkan dengan Musrenbang  Forum Gabungan Perangkat Daerah (Forgab PD).

Musrenbang RKPD tingkat kecamatan ini menghasilkan kesepakatan daftar usulan prioritas program kegiatan tahun anggaran 2021 wilayah kecamatan. Dilanjutkan dengan musrenbang forgab PD yang melibatkan Perangkat Daerah dan utusan dari tiap Kecamatan.

Dikempatan  itu Bupati menegaskan prioritas pembangunan pertama  adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia. Prioritas kedua peningkatan infrastruktur, prioritas ketiga peningkatakan ekonomi masyarkat," urainya (RT/RM)/PE

Sumber: https://radarmedan.com/