KARO, TuntasOnline.Com - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabuapten Karo, Gemar Tarigan melantik 85 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan bupati dan Wakil Bupati Karo Tahun 2020, yang berlangsung di Taman  Resort Simalem Sabtu (29/02/2020) dan Minggu (01/03/2020).

Kepada wartawan usai melantik PPK, Ketua KPUD Karo mengingatkan kepada para PPK untuk melaksanakan fungsi dan tugasnya sebagai penyelenggara pemilu di daerahnya.

“Setelah pengambilan sumpah dan janji yang diucapkan oleh para PPK, maka secara otomatis mereka tersebut sudah terikat dengan UU Kode etik penyelenggaraan Pemilu,” ucap Gemar.

Gemar juga menyatakan bahwa para PPK yang dilantik ini adalah mereka yang melewati sejumlah rangkaian seleksi ini agar tetap menjaga profesional dan independensi dalam melaksanakan tugasnya.

Pesan Gemar lagi, agar para PPK yang sudah dilantik ini segera melakukan kordinasi dengan stakeholder diwilayah tugas masing-masing.

Masih menurut Gemar tentu ada sanksi bagi oknum PPK yang lalai dalam pelaksanaan tugasnya. “Kenapa seperti itu?, karena mereka adalah pelaku sejarah dalam pelaksanaan pemilukada, terutama dalam meningkatkan partisipasi pemilih,” ujarnya.

“Jika pada pelaksanaan tugasnya, yang terhitung mulai 1 Maret 2020 sampai berakhirnya masa pemilihan kepala daerah kabupaten Karo. Jika kita ada menemukan atau menerima laporan ada penyalahgunaan jabatan atau pelanggaran pada tahapan kegiatan, maka kita akan langsung menindak tegas baik mulai dari peneguran, sanksi sampai ke tingkat pemecatan,” terang Gemar Tarigan.

Selanjutnya, Minggu(01/03/2020) acara pembekalan bagi PPK yang sudah dilantik.

Acara pelantikan PPK se-kabupaten Karo turut dihadiri, wakil bupati Karo, Cory Sebayang, mewakili Kejari Karo, Polres Karo, Camat se-kabupaten Karo, Kesbangpol Karo, seluruh komisioner KPUD Karo.(RT/TO)

Sumber: https://www.tuntasonline.com/