topmetro.news – Resepsi pernikahan putra dan menantu Hakim Agung RI Dr Yakup Ginting SH CN MKn, Sabtu (29/2/2020) malam, di Balai Sudirman Panti Prajurit Jalan Saharjo Menteng Dalam, Jakarta Selatan, berlangsung dalam ‘balutan’ nuansa Budaya Karo.

Para penerima tamu terlihat berpakaian Adat Karo. Bagi pria memakai ‘Beka Buluh’ dan wanita memakai ‘Uis Nipes. Semuanya dari kalangan unsur ASN yang bertugas di Mahkamah Agung RI, terutama Suku Karo dan Batak Toba.

Suasana itu pun menjadi perhatian Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, yang hadir di resepsi itu bersama isteri, Sariati Sitompul. “Pemkab Karo sangat mengapreisasi kolaborasi, pesta gotong royong antar etnik dan suku, dengan menonjolkan ciri khas kearifan lokal Budaya Karo dalam resepsi pernikahan Kris Semionta Ginting/Sri Kurniati Agustina Sitepu itu,” ujar Bupati Karo.

Menurut Terkelin, ide dan gagasan dari Hakim Agung Yakup Ginting sangat luar biasa. Karena tetap menonjolkan adat dan Budaya Karo, walaupun kemajuan modern dan IT (informasi teknologi) sudah menyusup dalam setiap kegiatan.

“Tapi yang membanggakan kita, Pak Yakub Ginting tidak pernah melupakan kearifan lokal dalam berbudaya Karo. Tentu hal ini menandakan bahwa Budaya Karo sudah mampu mengikuti era zamannya saat ini,” jelas Terkelin.

MAKNA PERNIKAHAN
Dalam kesempatan itu, Bupati Karo menyampaikan selamat kepada kedua mempelai, Kris Semionta Ginting/Sri Kurniati Agustina Sitepu. “Pernikahan itu bukan sesuatu yang mudah. Namun saya berharap, kedua mempelai saling mendukung dan bertahan dalam membina rumah tangga,” pesan Terkelin.

Pada acara resepsi pernikahan tersebut, Terkelin juga bertemu dan berbincang-bincang dengan Ketua Mahkamah Agung Prof Dr H Muhammad Hatta Ali SH MH. Kebetulan, keduanya memang sudah bertahun-tahun tidak bertemu, sejak Terkelin tidak aktif lagi di advokat. Pertemuan ini, membuat suasana menjadi meriah dan jadi ajang nostalgia untuk mengenang masa lalu keduanya.

Ketua Mahkamah Agung sendiri pun mengaku kaget ketika bertemu Bupati Karo di tempat pesta putra Hakim Agung itu. Sebab sudah lama tidak bertemu semenjak Terkelin menjabat jadi wakil kepala daerah beberapa tahun lalu.

Hatta berpesan kepada Bupati Karo, agar datang ke Kantor Mahkamah Agung untuk bernostalgia, bercerita, dan berbagi pengetahuan seperti dulu. “Nostalgia dulu tak akan mudah untuk dilupakan. Tetap dikenang dan diingat,” ucapnya sembari keduanya tertawa.

Pada kesempatan yang sama, Yakup Ginting menyampaikan terimakasih kepada Bupati Karo yang telah menyempatkan hadir dalam resepsi pernikahan putra/menantunya. “Atas nama Keluarga Besar Ginting dan Sitepu kami mohon maaf bila ada kekurangan dalam penyambutan, pada resepsi pernikahan anak kami ini,” ucapnya.

Ada pun pejabat yang hadir dalam resepsi pernikahan tersebut, yakni Ketua Mahkamah Agung Prof Dr H Muhammad Hatta Ali SH MH, Ketua Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia Dr Anwar Usman SH MH, pengusaha Karo Putra Kaban SH, sejumlah pengacara, tokoh masyarakat Karo dan lainnya.

reporter | FP Pinem

Sumber: https://topmetro.news/