Karo, Metrokampung.com
Pemerintah Kabupaten Karo secara resmi menyurati Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara terkait minta dukungan dalam hal mengurai kemacetan jalur utama Medan-Berastagi melalui Jalan Jamin Ginting.

Dukungan tersebut dalam rangka Pembangunan jalur alternatif  baru, alternatif ini merupakan salah Satu solusi yang dianggap paling potensial. Jalur alternatif dimaksud salah satunya adalah jalur Medan -Tuntungan- Kutalimbaru-Sembaikan- lau gedang - Berastagi dan merupakan jalur sejajar dengan jalan eksisting Medan-Berastagi.

Demikian diungkapkan Bupati Karo Terkelin, SH, usai menandatangani surat minta dukungan kepada  ketua DPRD provsu, Kamis (23/1) pukul 12.00 wib diruang kerja Bupati.

Menurut Terkelin, alasannya melayangkan surat dukungan  ini kita, mengingat pemda karo telah melakukan cek faktual ke lokasi jalur alternatif tersebut bersama Dinas Bina Marga Propinsi Sumatera Utara, hasil survei dinas bina Marga provsu telah menyusun dokumen Feasibility Study, ujarnya.

Diketahui, Akses jalan dimaksud telah dibuka dari Simpang Tuntungan hingga Sibolangit dan keluar di daerah Pramuka, akan tetapi belum tersambung ke Kabupaten Karo sepanjang kurang lebih 6 - 7 km karena masuk kawasan hutan, ungkap Terkelin.

Menilisik situas dilapangan , kata Terkelin bahwa jalur baru yang kita gagas tersebut, merupakan bukan daerah kewenangan pemda karo, namun ada butuh peran  beberapa kepala daerah jalur yang dilalui dibawah kewenangannya, tentu untuk mengkordinasikan lintas sektoral, lintas wilayah, kita butuh kerjasama dari pihak beekompeten dari wilayah  Provinsi Sumut.

Sambungnya, sesuai surat, kita layangkan ke ketua DPRD Propinsi sumut Baskami Ginting, dengan tujuan, pak ketua ini akan mengkordinasikan lintas daerah dalam menggolkan jalan alternatif tersebut, imbuhnya.

Pengalaman kita, Terkelin menilai  baskami Ginting sebagai sosok sangat tepat untuk minta dukungan, dimana kala saat menggolkan jalur alternatif karo-Langkat Baskami Ginting kala itu menjabat anggota komisi D DPRD provsu, banyak berperan mendukung gagasan pemda karo membuka jalur karo-Langkat sebagai jalur evakuasi gunung sinabung. Hasilnya dapat kita lihat sekarang masyarakat dapat menikmati dan jalur ini sangat efektif  membantu mengurai kemacetan lalu lintas Medan - berastagi, kenangnya.

Terpisah, Ketua DPRD Sumut, Baskami mengaku sudah mengetahui adanya pemda karo minta dukungan secara lisan, namun surat secara resmi belum kita terima, infonya surat sudah dikirimkan, ujarnya.

Menurut Baskami , kita sangat menyambut positif dan mengapresiasi langkah bupati karo tersebut, untuk itu kita tunggu saja, jika surat sudah di mejanya nanti, dirinya mengaku akan segera memproses dan akan  mengundang  pihak pihak yang berkompeten dan berkepentingan guna dirapatkan segera, ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (20/1) telah  menegaskan adanya  gagasan bupati karo terkait pembukaan jalur Medan -Tuntungan- Kutalimbaru-Sembaikan- lau gedang - Berastagi, saat audensi bersama Menwa mahatara USU, Dia mengaku sangat mengapresiasi dan mendukungnya, katanya.(amr/mk)

Sumber: https://www.metrokampung.com/