Plt. Bupati Karo Terkelin Berahmana, SH terus memantau aktivitas Gunung Sinabung dengan melakukan kunjungan ke Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Sinabung dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo pada Kamis pagi (17/4).

Kedatangan Plt. Bupati Karo yang di dampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo diterima oleh Armen Putra Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Sinabung.

Terkelin Berahmana, SH pada kesempatan tersebut menanyakan kondisi terbaru Gunung Sinabung dan koordinasi Pemkab Karo dalam hal ini BPBD Kabupaten Karo dengan PPGA Sinabung. Plt. Bupati Karo sangat berharap
sudah terjalin koordinasi dan kerja sama yang baik mengingat Sinabung sudah bergejolak lebih dari 9 bulan dan jumlah pengungsi saat ini masih berjumlah 10.169 jiwa dan berada di 22 titik posko pengungsian.

Dalam laporannya, Armen Putra menyampaikan bahwa berdasarkan pemantuan hingga saat ini Gunung Sinabung masih dalam level Siaga (III). Hal ini berdasarkan hasil pengamatan kegempaan, kimia, deformasi dan visual
Gunung Sinabung oleh petugas yang stand by 24 jam. Hingga saat ini tremor/kegempaan di gunung Sinabung masih terus terjadi. Metode pengamatan Gunung Sinabung selama ini sudah dilakukan dengan sangat baik, mengingat metode pengamatan termasuk metode pengamatan termasuk paling lengkat di Sumatera, bahkan di Indonesia. Pemantauan Sinabung juga di dukung dengan citra satelit dan kerja sama dengan pengamat gunung api dari luar negeri.

Lebih lanjut disampaikan, koordinasi dengan Pihak Pemkab Karo sudah terjalin dengan baik termasuk juga dengan pihak TNI. Termasuk dalam hal laporan perkembangan Gunung Sinabung yang dilaporkan 1 x 24 jam ke Pemkab Karo.

Menanggapi laporan Kepala PPGA Sinabung, Plt. Bupati Karo Terkelin Berahmana, SH berharap aktivitas Sinabung segera menurun hingga ke level normal dan para pengungsi bisa kembali ke rumah masing-masing mengingat aktivitas Gunung Sinabung yang tidak bisa diprediksi.