Bunda PAUD Kab . Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana foto bersama dengan Ketua Umum HIMPAUDI dan para Bunda PAUD Se- Indonesia, di Hotel Grand Cempaka Jakarta Pusat, Sabtu (23/02) 2019

Berita Tanah Karo, Online News Indonesia, Minggu (24/2)

Bunda PAUD Kab. Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana menghadiri acara Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini lndonesia (HIMPAUDI). Kegiatan ini dibuka oleh istri Mendikbud, Wida Muhadjir Effendy sekaligus mewakili Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK), dalam rangka kegiatan rapat Koordinasi Nasional dan Workshop Guru Kreatif (WGK) bagi anggota dan pengurus HIMPAUDI yang berasal dari seluruh Indonesia, Sabtu (23/02) 2019 di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat.

Menurut Sariati, ada beberapa isu yang diangkat dalam topik Rakornas tadi oleh Ketua Umum HIMPAUDI, Prof. Dr. Ir Netti Herawati, MSi, saat tampil memberikan materi/bimbingan kepada seluruh peserta Bunda PAUD baik dari tingkat Provinsi hingga tingkat Kabupaten .

“Isu tersebut diantaranya HIMPAUDI sedang berjuang di Mahkamah Konstitusi melakukan Judicial Review atas beberapa pasal yang tertuang dalam UU No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, terwujudnya sinergi dan kolaborasi stakeholder dalam gerakan PAUD berkualitas,dan gerakan Akreditasi bagi lembaga PAUD di lndonesia. Berdasarkan Kepmendiknas No.087/U/2002, ” ujar Sariati saat usai acara.

Selain itu, ada kegiatan peluncuran gerakan Sarapan Padat Bernutrisi, mengingat rendahnya keinginan anak sekolah tidak sarapan pagi padahal berdampak terhadap kerja otak, selanjutnya gerakan pencegahan stunting bagi anak usia dini di Indonesia, “sambung nya.

Untuk itu diharapkan peran Bunda PAUD dapat mensosialisasikan dan mempertajam yang berkaitan dengan kegiatan Bunda PAUD, baik pendataan Dapodik (Data Pokok Pendidikan ). Koneksi pendataan Dapodik ini dijadikan dasar semua data akurat yang masuk digunakan pemerintah untuk PAUD, ” jelasnya.

Lanjut Sariati kembali , Ketua Umum HIMPAUDI tadi mengajak semua stakeholder yang membidangi PAUD dari berbagai sisi penjuru dan institusi bergerak bersama melakukan pendataan, agar program unggulan HIMPAUDI yaitu Workshop Guru Kreatif (WGK) dan Workshop Keluarga Kreatif (WKK) disetiap daerah terlaksana.

“Rencana kedepan sistem ini apa yang dapat kita aplikasikan di pemerintahan Kab . Karo, kita akan mencoba mengkordinasikan nantinya dengan Dinas DPMD dan Dinas Pendidikan , dengan tujuan menghasilkan gerakan PAUD yang berkualitas, sesuai harapan Ketua Umum HIMPAUDI, “tutupnya.

(David)

Sumber: https://olnewsindonesia.com