Berita Karo.OLNewsindonesia,Kamis(07/02)

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, saat bincang bincang dikedai kopi bersama beberapa tokoh masyarakat, diantara nya Pt.Em Selamat Ginting, mantan kepala dinas PU Kab . Karo Tahun 2005, Jiwa Tarigan SH mantan PNS Karo, Sastra Purba dan Malem Ukur Ginting keduanya tokoh lembaga budaya adat Karo, juga hadir anggota DPRD Karo Firman Firdaus Sitepu, Rabu, (06/02) 2019 pukul 11.00 WIB di kedai Purba Simpang Enam Kabanjahe.

Dalam bincang tersebut, Pt. Em Selamat Ginting mengutarakan jalan Karo – Rumah Liang Deliserdang sejak lama suda ada, dengan istilah jalan Perlanja Sira (jalan setapak). ” Seingat saya tahun 1979-an jalan ini akhirnya diperbaiki, saat zaman Bupati Deliserdang dijabat oleh Tengteng Ginting dan Bupati Karo Tampak Sebayang.” Ungkap Selamat mantan kepala PU Kab. Karo ini.

Jelasnya lagi , ” jalan Perlanja Sira ini ditingkatkan saat itu ada dana bantuan luar negeri dengan istilah CESS (Computer Engineering, System and Science) dari Amerika,dana ini setahu saya sifatnya terbuka, sehingga diadakan perbaikan dan peningkatan saat itu. Buktinya saat itu dana CESS digunakan membangun 2 (dua) jembatan kayu dengan alas pondasi beton, lantai jembatan kayu,” jelasnya tidak mengingat jumlah dana CESS ini.

Hal ini saya sampaikan, saya sangat apreisasi dan mendukung langkah Bupati Karo Terkelin Brahmana, saat bincang tadi menyinggung jalan Karo – Deliserdang akan dalam waktu dekat ini Pemda Karo akan melobi ke Jakarta, ” imbuhnya.

Setali tiga uang , Jiwa Tarigan juga sependapat dengan selamat Ginting, bahwa jalan setapak Karo – Deliserdang diakuinya sudah ada sejak lama, ” sebut nya. Dan saya juga mengapreisasi adanya niat Pemda Karo memperjuangkan jalan Karo – Deliserdang agar segera tuntas,” sambung jiwa mantan Kabag Umum DPRD Karo ini.

Lain lagi, Sastra Purba Tokoh Lembaga Adat Karo (Lakonta) mengatakan, masih ada saksi sejarah yang lebih tahu mengenai jalan setapak (Red. Karo perlanja sira ), seingat saya Matang Purba mantan pegawai Bappeda Karo era 1979-an, ” ujarnya.

Namun begitu, tetap kita dukung pemda Karo memperjuangkan tembusnya jalan Karo-Deli Serdang ini, kami lembaga adat Karo sangat setuju jalan ini diperjuangkan, mengingat zaman dulu sudah ada silaturahmi antar kedua kab. Ini dengan Merga si – lima, rakut si telu tutur siwaluh perkaden kaden12 tambah sada, ” jelasnya.

Menyahuti ragamnya, masukan dan penjelasan tadi bersama tokoh, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH dengan santai mengatakan kami tetap berkomitmen akan memperjuangkan peningkatan jalan Karo – Deliserdang. Dan terimakasih semua saran dan masukan yang telah diberikan melalui argumentasi saat bincang bincang dikedai kopi tadi, semua itu adalah positif dan membawa kemajuan Tanah Karo, “ucap Terkelin.

Sementara anggota DPRD Karo Firman Firdaus Sitepu berujar terkait jalan Karo – Deliserdang , mendukung terobosan yang sekarang dilakukan oleh Pemda Karo, ini harus kita dukung sebab dengan terhubungnya kedua antar Kabupaten membuat akses Desa Serdang KabupatenKaro lebih dekat ke Rumah Liang Kab . Deliserdang, ” ucapnya.

Apa lagi sejarah sudah ada, tadi sudah kita dengarkan bahwa jalan setapak sudah ada, maka saya selaku DPRD Karo tetap komitmen mendukung penembusan jalan ini, jangan pernah ragu Pemda Karo demi kebaikan Tanah Karo , ” ujar Firdaus.

 

(David)

Sumber: http://olnewsindonesia.com