Bupati Karo, Bersama TP PKK Kab Karo (tengah) di dampingi oleh Para Kadis dan dari tim Monitoring dari Pemprovsu berfose di sela sela kegiatan, Jumat (07/09)2018 di Lost /Jambur Desa Sirumbia


Berita Tanah Karo, Online News Indonesia, Sabtu (8/9)

Bupati Karo Terkelin Berahmana SH bersama Sariati Terkelin Brahmana SH selaku Ketua TP PKK Kabupaten Karo dan rombongan mendampingi Tim Monitoring PKK dari Provinsi Sumatera Utara untuk penilaian kategori PAAR ( Pola Asuh Anak Remaja)  di Desa Sirumbia Kec. Simpang Empat Kab Karo yang terpilih sebagai desa percontohan untuk kategori PAAR, Jumat (07/08) 2018.


Para TP PKK Kecamatan dan desa serta tamu undangan lainnya saat mengikuti kegiatan tim Monitoring dari Provinsi Sumatera Utara di gedung Jambur /Lost Desa Sirumbia pada Jumat (07/09)2018


Bupati Karo dalam sambutan nya mengatakan, ” Kita hadir di sini dalam rangka kunjungan Tim Monitoring oleh PKK tingkat Provinsi ke desa percontohan ini untuk kategori PAAR. Setelah beberapa bulan lalu Kita ajukan desa ini menjadi desa percontohan PAAR untuk Tingkat Provinsi dan setelah melalui beberapa proses penelitian Tim monitoring menyatakan layak untuk ikut perlombaan PAAR tingkat Provinsi, ” kata Bupati.

Bupati melanjutkan,  “Saya apresiasi kegiatan masyarakat di acara penilaian ini dan berharap usai penilaian ini masyarakat jangan bergerak mundur tadi sudah cukup bagus dan kompak, tetap lah bergotong royong,” ujar nya.



Tim Monitoring PKK dari Provinsi yang di dampingi Ketua TP PKK Kab Karo Ny Sariati Terkelin Brahmana menyalami para ibu ibu Lansia, sesaat memasuki gedung Jambur /Lost desa Sirumbia, Jumat (07/09) 2018

Lanjut Bupati, ” Anak adalah titipan Tuhan yang harus kita jaga maka buat orangtua dan anak dewasa, berilah contoh yang baik kepada anak karena satu contoh yang baik jauh lebih mulia dari seribu nasehat ” tuturnya.

Salah satu Tim Monitoring Nina Purwadi Harahap selaku Pokja 1 PKK dari Prov. Sumut terkesima dengan Desa Sirumbia, “Saya pribadi sudah sangat terkesima terhadap penampilan yang sudah di lakukan masyarakat desa Sirumbia karena standart penilaian semua sudah di lengkapi baik segi kinerja dan dokumentasi sudah cukup memenuhi syarat untuk penilaian mudah mudahan usai penilaian ini kami bisa perjuangkan agar desa ini bisa menjadi juara di tingkat Provinsi sehingga desa ini bisa melaju ke tingkat Nasional, ” ujar Nina.



Tim monitoring sedang melakukan Simulasi PAAR


Sementara itu, Yuniar Marpaung Tim monitoring Pokja 3 PKK Prov. Sumut memberikan pujian mantap dalam pernyataanya , ” Pertama tama Saya ucapkan satu kata untuk desa ini, yaitu Mantap. Tujuan mulia dari program ini sebenarnya agar terciptalah pemimpin baru dan menjadi desa mandiri dengan tumbuh kembangnya anak anak dan remaja dalam hal yang positif. Tadi saya lihat ada penilaian drama,  yel yel, lagu – lagu yang isinya pesan bagus, ada sanggar anak, rumah baca, dan penampilan dari lansia juga”.

Masih menurut Yuniar, “Kami lihat masyarakat sangat antusias dan dinas dinas terkait mendukung. Namun harapan kami agar perlombaan ini di jadikan menjadi program berjangka panjang, di buat satu tahun sampai lima tahun,  program jangka pendek,  per enam bulan,  jangka menengah satu sampai 6 bulan artinya jangan berhenti sampai di penilaian saja,”dalam sambutanya.

Terpisah, TP PKK Kecamatan Simpang Empat Imelda Mutiara br Sitepu yang selalu aktif mendampingi TP PKK Desa Sirumbia saat di konfirmasi usai acara berharap bisa lanjut ke Tingkat Nasional “Semua yang terbaik sudah kita lakukan sesuai juknis penilaian dan ini lah puncak penilaian. Maka harapan kita bisa lanjut ke Tingkat Nasional kita tunggu hasil penilaian karena di sumut ada 34 Kabupaten saingan untuk pertandingan ini kata Imelda,”katanya.

Camat Simpang Empat Amsah Perangin Angin, optimis berdasarkan apresiasi dari Tim Monitoring ” Kita harapkan desa ini bisa menjadi contoh bagi desa desa lain khususnya desa di Kec. Simpang Empat terlebih di bidang PAAR, sudah 8 bulan kita rutin dampingi dan membina Desa ini kiranya apa pun hasilnya kita bisa terima,  tapi dilihat dari apresiasi Tim Monitaring tadi kita sepertinya punya harapan untuk menang, ” kata Camat.

Dalam kesempatan ini Kepala Desa Sirumbia Arijona Sitepu bersama TP PKK desa, bahwa semua bisa terjadi karena kerjasama, dalam pernyataanya ” Terima Kasih kepada Tim Monitoring PKK Provinsi,  Bapak Bupati Karo beserta Ny Sariati Terkelin juga rombongan PKK Kab Karo,  OPD terkait Kab Karo, Perwakilan Camat Se Kab Karo,  Muspida Simpang Empat,  Seluruh Kepala Desa Kecamatan Simpang Empat dan Seluruh tamu undangan beserta masyarakat desa Sirumbia yang ikut mendukung acara ini, sehingga terlaksana dengan sukses karena tanpa kerja sama semua pihak kita tidak akan kuat, ” ujar Kades.

Sambung Kades lagi,  “Sesuai tadi arahan dari Tim monitoring tentang aturan menonton maka saya akan buat surat edaran. Namun kami sangat membutuhkan dukungan penuh dari Pihak OPD terkait seperti Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga,  Disdukcapil, Dinas Kominfo, Kesbangpol,  Dinas Sosial, Dinas Pertanian, BNNK,  Dinas Pembrdayaan Perempuan dan anak, Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Kab Karo. Memang selama ini Dinas terkait sudah sangat mendukung tapi bila nanti desa ini terpilih untuk ke tingkat Nasional saya harap dukungan mereka di kerahkan sepenuhnya, ” harap Kades.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Perwakilan Dinas Sosial, Sekertaris Disduccapil, Kominfo, Kadis Pendidikan Kadispora , Perwakilan Dinas perempuan dan anak, Perwakilan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Tokoh agama, Tokoh Adat, Camat Tiganderket Camat Naman Teran, Camat Payung, Camat Juhar, Camat Munthe, Camat Laubaleng , Camat Mardinding Juspri Nadeak, Camat Tigabinanga dan Camat Kabanjahe,serta kepala Desa Se Kec.  Simpang Empat.

(David)

Sumber: http://olnewsindonesia.com/index.php/bupati-dan-rombongan-kunjungi-desa-sirumbia-sebagai-desa-percontohan-tp-pkk-oleh-tim-monitoring-dari-provinsi/