Berita Tanah Karo.Olnewsindonesia,Sabtu(11/08)

Dalam rangka memeriahkan menyambut hari Kemerdekaan ke 73 Republik Indonesia, Pemkab Karo melalui Kadispora Kab.Karo melaksanakan kegiatan “Napak Tilas” untuk mengenang perjuangan para Pahlawan Bangsa , khususnya pejuang Kab.Karo ( alm) Letjen (purn) Djamin Ginting, pada Sabtu (11/08/2018) pukul 08.15 Wib di desa Suka Kec.Tigapanah.

” Napak Tilas ini juga dilakukan sebagai wujud cita-cita bangsa yang tetap mencerminkan rasa  nasionalisme , kegiatan ini dalam bentuk  jalan kaki menapaki tiap-tiap etape yang ada. Biasanya merefleksikan perjuangan pahlawan demi kemerdekaan Indonesia yang akan memasuki usia 73 tahun. disamping itu esensi dari napak tilas ini antara lain menghayati bagaimana masa perjuangan masa-masa sulit, yang dilakukan oleh Letjen Pur Djamin Gintings melawan para penjajah, untuk mempertahankan kesatuan Republik Indonesia ini. ” Hal Ini dikatakan Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH didampingi Kapolres Tanah Karo AKBP Benny Remus Hutajulu, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara, asisten 1 Setda.Kab Karo Drs.Suang Karo-Karo saat berjalan menelusur jalan bersama rombongan kontingen Napak Tilas.

Terkelin kembali , kegiatan ini selain mengenang jasa jasa dari alm.Letjen Pur Djamin Ginting baik untuk kesehatan , sebab dengan berjalan kaki dengan route yang begitu jauh tadi, sangat membantu pergerakan jantung, dan kita akan semakin sehat memiliki tubuh , dimana tadi jarak yang ditempuh hampir lebih kurang 5 km, semua ini dilandasi dengan semangat…,!!! Merdeka..Merdeka…Merdeka !! Lontar Terkelin.

Sementara Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal mengatakan apa yang disebutkan Bupati Karo tadi adalah benar kita harus mengenang jasa para pahlawan kita, sedangkan kita selaku generasi penerus wajib mengisi kemerdekaan ini, ” sebutnya sambil mengucapkan pekik kemerdekaan Merdeka …Merdeka..Merdeka !!

Selain itu, kegiatan ini bertujun menggugah generasi muda kita untuk tetap mengingat perjuangan pahlawan dan senantiasa melakukan hal yang selaras bahwa keberhasilan itu tidak mudah, penuh keringat tetesan air mata dan nyawa pun dipertahankan, ” tegas Dandim.


Ket foto : tampak Muspika Karo (Bupati, Dandim, Kapolres) dan OPD berfose di sela sela kegiatan Napak Tilas di desa Suka Kec. Tiga Panah Kab. Karo sabtu (11/08)
Hal senada ditegaskan Kapolres Tanah Karo AKBP Benny Remus Hutajulu, sangat mengaperaisasi Pemda Karo telah mengadakan kegiatan Napak Tilas, dengan adanya acara ini otomatis generasi penerus telah mengenang jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam membela Negara Kesatuan Republik Indonesia,” katanya.

Sambungnya, alangkah eloknya setiap tahun dalam menyambut hari kemerdekaan RI selalu dibuat Napak Tilas secara bergantian lokasinya, karena masih ada pahlawan yang telah gugur khususnya di Kab. Karo selain Letjen Purn Djamin Ginting ada juga Pahlawan Kiras Bangun dengan julukan Gara Mata,” ujarnya.

Terpisah Kadispora Robert Billy Perangin Angin mengungkapkan kegiatan Napak Tilas , dilakukan dengan didukung oleh PT.Bank Sumut Cabang Kabanjahe, dimana acara dimeriahkan dengan 22 kontingen dengan jumlah peserta 200 orang,” ujarnya.

” Route Napak Tilas Start di depan Museum Djamin Ginting di Desa Suka, dan Finish di Losd Desa Salit Kec.Tiga Panah, dengan melibatkan peserta kontingen lintas TNI/Polri, lintas Pramuka, lintas Ormas, lintas Pelajar, dan lintas OPD Kab.Karo, jelasnya.

” Selanjutnya Finish di Losd Desa Salit , diadakan lucky Draw dengan macam macam hadiah yang telah disediakan oleh PT Bank Sumut, melalui Pemkab Karo, “pungkasnya.

Napak Tilas ini dihadiri oleh Humas Kejari Kabanjahe Rikardo Simanjuntak, Kadis Pertanian Sarjana Purba SSTP, Kadis Perhubungan Gelora Fajar Purba, Kadis Pendidikan Edi Surianta Surbakti, Kadis Perikanan dan perternakan Metehsa Purba, Kadis Ketapang Edison Karo Karo, Kadis LHK Ir.Timotius Ginting, Kadis Kearsipan Saroha Ginting, Kakesbang Tetap Ginting, Direktur RSU dr. Arjuna Wijaya, Kabag sosial, Kabag Umum, Kabag TU dan Camat Kabanjahe serta Muspika Tiga Panah.

(david)

Sumber: http://olnewsindonesia.com