Berita Tanah Karo.Olnewsindonesia, Jumat (20/07)

Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Sekda Kab.Karo Drs.Kamperas Terkelin Purba, dan Riadil Akhir Lubis Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Pemprov Sumut, membuka acara percepatan gunung Sinabung, Jumat (20/07) 2018 pukul 10.30 wib di ruang rapat kantor Bupati Karo Kabanjahe.

Pesan Bupati Karo saat membuka acara percepatan Erupsi Gunung Sinabung, agar para OPD yang hadir selalu mengedepankan berkolaborasi dan menghilangkan Ego sektoral untuk bekerjasama bahu membahu menyelesaikan pekerjaan sesuai tupoksinya masing masing dalam penanganan akibat erupsi Gunung Sinabung yang mana sampai hari ini terus berlanjut dan belum berhenti, dimana sesuai rekomendasi Vulkanlogi mengatakan masih dalam status level awas, ” imbuhnya.

Selanjutnya, gelar rapat ini saya serahkan kepada Sekda Kab.Karo untuk dilanjutkan berdiskusi, membahas bersama dengan Pak Riadil , berhubung ada tugas tugas lain yang harus saya hadiri,” kata Terkelin Brahmana, sambil bergegas keluar ruangan rapat .

Sekda Kab.Karo Kamperas Terkelin Purba mengatakan digelarnya Rapat ini oleh Pemda Provinsi sebagai dukungan untuk proses percepatan penanganan dampak erupsi Gunung Sinabung sekaitan dengan hasil Runggu Kabupaten Karo tanggal 23 Mei 2018 lalu.

Ket foto : tampak para OPD Provinsi dan Kabupaten Karo saat mengikuti rapat tentang percepatan penanganan dampak erupsi Gunung Sinabung di kantor Bupati karo,, Jumat, (20/07).

Selain itu, kata Sekda untuk menyikapi semua ini segala OPD/ instansi yang terlibat dalam percepatan penanganan erupsi Gunung Sinabung, diharapkan dapat diselasaikan Relokasi Tahap ke II dan Tahap III pada bulan Desember 2018 ini, ” terangnya.

Sementara Riadil Akhir Lubis kepala BPBD Provsu menjelaskan , ” kita sengaja dari Propinsi membawa OPD Terkait sebanyak 13 OPD sebagai tim untuk mendorong dan memfasilitasi adanya kemungkinan kejadian yang mendukung penyelesaian masalah Sinabung, sekaligus menginventarisir permasalahan dan mencari Solusi suatu langkah langkah yang ditempuh dalam penyelesaiannya , inilah tujuan digelar rapat ini , mudah mudahan menjadi suport bagi OPD Kab.Karo, ” sebut Riadil Akhir.

Tambahnya , dalam hal ini yg telah disepakati bahwa Pemda Propinsi juga akan membentuk Tim Percepatan Penanganan dampak Erupsi Gunung Sinabung ditingkat pemerintah Propinsi, yang draf SK Tim nya sudah sampai di meja Pejabat Gubsu. Tinggal tandatangan Pak Pejabat Gubernur , jadi mari kita tunggu ,” kata Riadil.

Terpisah, Kalak BPBD Kab.Karo Ir.Martin Sitepu menyebutkan kita sangat apresiasi dengan turunnya tim Propinsi tersebut, sehingga kedepan telah disepakti rapat kordinasi dan pelaporan terus berlanjut dan pelaksanaannya akan kita lakukan pertemuan setiap 2 (dua) minggu sekali, ” pungkas Martin.

Turut hadir dalam Rapat Staf Ahli Bupati ini diantaranya Agustinus P dari Kajari Karo, Kepala Bappeda Ir.Nasib Sianturi, Msi, Sekretaris LHK Kab.Karo Liasma Br Ginting, Kepala Perkim Chandra Tarigan,ST , kepala DPMD Abel Tarigan , Kabag Hukum Monika Trisa Purba, SH, Kabag Pemdes Eva Angelia Br Sembiring, Kabag Tata pemerintahan Setda Kab.Karo, dan para OPD dinas Propinsi.

(david)

Sumber: http://olnewsindonesia.com