Bupati Karo Sidak ke kantor Disdukcapil Kabupaten Karo, Kamis (21/02) 2019

Berita Tanah Karo, Online News Indonesia, Kamis (21/2)

Menyikapi hasil penilayan survey kepatuhan Standard Pelayanan Publik yang dilakukan Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Utara tahun 2018, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH gelar Inspeksi Mendadak (Sidak) terhadap tiga instansi pelayanan publik di lingkungan pemerintah Kabupaten Karo, Kamis (21/02) 2019 .


Bupati Karo Berbincang ke salah satu Staf dalam Sidak nya ke kantor Disdukcapil Kabupaten Karo, Kamis (21/02) 2019

Ketiga instansi pelayanan publik lingkungan Pemkab Karo yang disidak Bupati Karo Terkelin Brahmana itu masing-masing, Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan UKM, Dinas kependudukan dan Catatan Sipil dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu Kabanjahe.

Mengawali Sidak itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH terlebih dahulu menyambangi Dinas Ketanagakerjaan, Koperasi dan UKM di Jalan Pahlawan Kabanjahe. Di dinas itu Terkelin langsung memeriksa dan melihat fasilitas pelayanan masyarakat di dinas terkait. Termasuk berbagai jenis pemberitahun/pengumuman kepada publik untuk mempermudah pengurusan administrasi.

Kepada Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Koperasi dan UKM Drs Sarjani Tarigan menyarankan supaya meningkatkan pelayanan publik di instasnsinya. Khusus untuk pemberitahuan atau pengumuman kepada masyarakat, tempatkan ditempat yang strategis dan mudah dilihat publik. “Supaya kalau ada masyarakat yang mau mencari informasi dan mengurus keperluannya ke dinas yang bersangkutan, mereka mudah melihatnya, sehingga mereka tidak perlu lagi bertanya kesana kemari,” himbau nya.

Dan untuk memperindah fasilitas pelayanan sekaligus mempermudah masyarakat mendapatkan informasi, Bupati menyarankan kepada Sarjani supaya membuat baner di depan kantornya dengan penataan yang rapi. Termasuk kebersihan kantor dan halaman juga jangan lupa menjaganya.

Menyahuti Bupati, Sarjani Tarigan mengatakan pihaknya siap melaksanakan instruksi Bupati . Dan besok semua yang disampaikan Bupati tadi, akan dilaksanakan. Khusus menyangkut pelayanan publik, Dinas Ketanagakerjaan, Koperasi dan UKM selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Setiap urusan apapun, termasuk urusan administrasi di kantor, kami tidak pernah kami biarkan berlarut-larut, pokoknya kalau ada masyarakat yang datang mengurus surat ketenagakerjaan, menyangkut koperasi maupun UKM ,kami selalu cepat menanganinya,” ujar Sarjani.

Disinggung soal pelayanan berbasis on line di dinasnya, Sarjani mengaku akan secepatnya mempersiapkannya, kalau memungkinkan besok sudah kami koordinasikan dengan pihak terkait. “Untuk saat ini semua layanan informasi Dinas Ketenagaakerjaan, Koperasi dan UKM dapat dilihat di website, Pemkab Karo,” ujarnya.

Selanjutnya Terkelin menuju Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Didinas itu didampingi Camat Kabanjahe Leo Surbakti dan Anggota DPRD Karo Jhon Karya Sukatendel, dia menyempatkan diri berdialog dengan masyarakat yang sedang mengurus Kartu Keluarga (KK) .

Saat berdialog Bupati Karo menanyakan kepada masyarakat yang tengah duduk berjejer menunggu giliran mengurus keperluannya. Menyahuti pertanyaan Bupati salah seorang warga melaporkan, bahwa pihaknya sudah beberapa hari menunggu penerbitan KK, namun sampai saat ini belum juga selesai, “kami memohon supaya urusan kami secepatnya diselesaikan,” ucap warga.

Mendengar keluhan warga itu Terkelin langsung menanyakan kepada salah seorang ASN Dukcapil yang sedang bertugas. Setelah mendapat penjelasan dari pihak Dukcapil selanjutnya Bupati menyampaikan kepada warga, bahwa blanko KK baru dua hari sampai di dinas ini, sebentar lagi kalian sudah mendapatkan kartu keluarga itu, karena balankonya sudah ada disini, harap bersabar ia,” kata Terkelin.

Dikesempatan itu Terkelin juga menginstruksikan kepada pihak Dinas Dukcapil supaya jangan mempersulit urusan masyarakat. “Dan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan informasi, secepatnya benahi fasilitas pengumuman/pemberitahuan. Untuk diluar didepan kantor segera buatkan banner dengan disain yang bagus, supaya masyarakat cepat dan senang mendapatkan informasi,” saran Terkelin.

(David)

Sumber: https://olnewsindonesia.com