Berita Karo.OLNewsindonesia,Selasa(29/01)

Keindahan destinasi  wisata baru, Deleng Kutu  Desa Guru Singa Berastagi tak kalah menariknya dengan destinasi wisata yang ada di Kabupaten Karo.

Bupati Terkelin Brahmana SH,menghimbau kepada agar segera di bangun sarana dan prasarana pariwisata dengan memanfaatkan dana desa  untuk menggaet wisatawan melancong ke objek wisata yang diapit Kota Kabanjahe sebelah Selatan  dan Berastagi sebelah Utara dan dikelilingi Gunung Sibayak, Sinabung, Sipisopiso dan Deleng Barus.

Dalam membangun destinasi wisata Delen Kutu,Bupati Karo menyarankan agar di kelola  tiga desa yang berada disekitar Deleng Kutu dan saling berkoordinasi membentuk badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan dikelola dengan managemen yang baik serta menginstruksikan membuat pembatas jalan ke bibir lembah untuk safety agar para pelancong nyaman,terutama seperti wahana permainan seperti waterboom.

Hal itu dikatakan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, saat mengunjungi objek wisata Deleng Kutu Desa Guru Singa bersama Camat Berastagi Mirton Ketaren, Camat Kabanjahe Leonardus Surbakti, Kepala Desa Kaban, Kepala Desa Guru Singa dan masyarakat setempat, Senin kemarin (28 /01) 2019.


Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH saat Berbincang bincang dengan Kepala Desa Gurusinga di puncak Deleng (Gunung) Kutu Desa Guru Singa Kec Berastagi Kabupaten Karo, Senin (28/01) 2019

“Untuk promosinya Pemkab Karo melalui instansi terkait siap melakukan kerja sama dengan pihak swasta. Artinya, untuk menggali potensi wisata, Pemkab Karo siap bekerja sama dengan pihak manapun dalam arti positif, silakan undang ahlinya, konsultasikan bagaimana cara membangun objek wisata dan  mengelola managemen pariwisata yang benar,”  ujar Bupati Karo.

Menyikapi saran Bupati Karo Tekelin Brahmana SH untuk membenahai sarana dan prasarana pariwisata Deleng Kutu, Kepala Desa Gurusinga Sutra Gurusinga dan Kepala Desa Kaban mengucapkan terimakasih atas kesediaan  Bupati Karo bersama rombongan berkunjung ke Deleng Kutu.

“Kami warga desa Gurusinga sangat bangga atas diluangkannya waktu Bupati Karo datang  ke desa kami (Deleng Kutu), saran dan masukan yang diberikan pak Terkelin sudah kami dengar dan camkan, akan kami jalankan  instruksi yang telah disampaikan kepada kami,” ujar Kades Guru Singa.

“Menyangkut pembenahan sarana dan prasarana objek wisata Deleng Kutu dengan menggunakan Dana Desa, atas saran Bupati kami akan segera berkoordinasi dengan Camat dan pihak DPMD. Begitu juga menyangkut administrasi kepemilikan lahan Deleng Kutu , kami juga akan segera berkoordinasi dengan masyarakat desa dan instansi terkait,” terangnya.

Mengenai BUMDes, kami juga akan segera menindak lanjutinya. Dan menyangkut kunjungan wisata Deleng Kutu memang sudah mulai dikunjungi wisatawan, kami tidak ada melakukan pengutipan kepada pengunjung. Kami juga sudah merencanakan membangun waterboom sebagai sarana pendukung objek wisata Deleng Kutu.

“Sekedar informasi,  minggu kemarin ada sekitar 300 an komunitas sepeda dari luar daerah datang berkunjung ke Deleng Kutu ini, mereka mengagumi dan memuji keindahan pemandangan  Deleng Kutu  dan mereka berjanjii untuk kunjungan selanjutnya nanti meraka menargetkan paling tidak 1000 peserta pengendara sepeda akan kembali hadir ditempat ini (Deleng Kutu) ini. Dan kami sudah siap menyambut kedatangan mereka,” ujar Kades Guru Singa.

(David)

Sumber: http://olnewsindonesia.com