Berita Karo,OLNewsindonesia,Rabu(28/11)

Mengingat pada tahun 2030 mendatang kerawanan pangan di Indonesia terlebih di Tanah Karo sudah cukup mengkhawatirkan maka Sekolah SMA Negeri 1 Kabanjahe Kabupaten Karo gelar kegiatan Ketahanan Pangan, Rabu (28/11) 2018, sebagai Pelopor atau yang pertama di tingkat Kabupaten/Kota dengan menggunakan bahan bahan makanan kuliner non beras.

Berawal dari Kurikulum sekolah siswa /I bidang studi Geografi SMA Negeri 1 Kabanjahe mencoba melakukan inovasi menu makanan sehari hari yang berbahan dasar Jagung, Ubi dan Kentang untuk di konsumsi sebagai pengganti bahan baku beras. ” Ini kita praktek kan langsung sesuai dengan kurikulum pelajaran Geografi tentang ketahanan pangan agar Siswa /i kedepannya lebih mengerti perannya sebagian generasi masa depan, ” ucap guru Geografi Ibu Sasmawati S, Pd ke crew Olnewsindonesia.


Ket foto : Salah satu kelompok Siswa /i SMA Negeri 1 Kabanjahe saat mempresentasikan kuliner berbahan baku jagung, Rabu (28/11) 2018
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Karo Drs Edison Karo Karo M. Si, mengatakan dalam sambutanya dihadapan seluruh siswa SMA Negeri 1 Kabanjahe, ” di prediksi dalam tahun 2030 ketahanan pangan di Kabupaten Karo akan terus berkurang mengingat pertumbuhan penduduk semakin pesat dan tentunya tidak seimbang dengan produksi beras dikarenakan lahan yang sudah berkurang, ” ucapnya.

Lanjutnya lagi, rencana kita pihak Dinas Ketahanan Pangan akan menggelar kuliner seperti ini di Kota Wisata Berastagi bulan Desember tahun ini, dan kegiatan semacam ini pertama di lakukan untuk Kabupaten Karo bahkan di Provinsi Sumatera Utara ini. Untuk itu kita memperkenalkan ke Publik bahwa Tanah Karo siap mendukung dan membiasakan kita menggunakan bahan makanan kuliner non beras, demi tercapai nya ketahanan pangan di Kabupaten Karo, ” tegasnya.


Ket foto : Kadis, Para Guru , Narasumber, dan Para Siswa yang mengikuti Kegiatan kuliner SMA Negeri 1 Kabanjahe berfoto bersama di sela sela kegiatan, Rabu (28/11) 2018
Sementara Eva Yolanda Meliala (42) Peraih Juara pertama tingkat Provinsi bidang B2SA (Bergizi Beragam Seimbang dan Aman) hadir sebagai narasumber mengatakan kegiatan yang di lakukan oleh siswa /i sebelumnya sangat saya apresiasi, kedepan nya semoga generasi muda ini bisa terus mengembangkan dan menjadi kan menu utama non beras. Kepada Kadis Ketahanan Pangan dan Instansi terkait semoga bisa menfasilitasi dan mendukung penuh kegiatan ini, agar kedepan nya masyarakat Karo makin cinta dan kreatif dalam mengembangkan kuliner non beras ini, ” ucapnya yang di amini oleh Sasmawati, S, Pd salah satu guru pembimbing.

Pantauan crew Olnewsindonesia tampak Siswa /i SMA Negeri 1 Kabanjahe semangat dan antusias saat mempresentasikan hasil kuliner yang mereka olah dari bahan baku non beras tersebut di hadapan Kadis, Guru, dan Narasumber serta para undangan lainnya.

(David)

Sumber: http://olnewsindonesia.com