Tanah Karo.Olnewsindonesia,Jum’at(25/05)

Seperti yang telah diamanatkan melalui peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2013 tentang pemberdayaan masyarakat melalui gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga atau yang sering disingkat PKK mitra pemerintah yang harus mampu terus berkarya ,konsisten ,dan tetap berkomitmen mendorong, membina, memotivasi dan fasilitasi masyarakat bersama dengan perangkat desa lainnya sebagai wadah persatuan dan sarana terwujudnya keluarga sejahtera, maka sudah selayaknya keberadaan, fungsi dan peranan PKK terus ditumbuhkembangkan dan ditingkatkan secara optimal,” Hal tersebut dikatakan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, didampingi Ketua TP. PKK Ny. Sariati Terkelin Brahmana, Asisten 1 pemerintahan Drs. Suang Karo Karo, Kepala DPMD Abel Tarawai Tarigan saat menghadiri Rapat koordinasi pelaksanaan Desa Percontohan TP.PKK Kab.Karo ,Kamis (24/05) pukul 15.30 wib di Aula lantai 3 Kantor Bupati.

Menurutnya, Hal ini dilakukan karena pemberdayaan yang memiliki peran strategis dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan ,khusus di desa dan umumnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo. Serta peranan PKK itu dapat diwujudkan melalui pembinaan desa percontohan yang antara lain, tujuannya adalah mengelola dan menumbuhkembangkan usaha ekonomi untuk meningkatkan pendapatan keluarga meningkatkan kebersihan desa dengan gotong-royong bersama dan kegiatan-kegiatan lainnya untuk kemajuan desa tercinta,” Ungkap Terkelin.

Ket foto : Para Peserta Rakor desa Percontohan di Aula lantai 3 Kantor Bupati Karo kamis (24/05)

Pemerintah Kabupaten Karo sangat mendukung program desa percontohan ini dan untuk setiap kategori desa percontohan telah dibentuk tim pembina sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, ” oleh karena itu saya minta kepada semua OPD untuk berpartisipasi dan berperan serta secara aktif untuk melakukan pembinaan secara berkala terhadap masing-masing desa percontohan dan saya juga minta agar semua OPD menampung anggaran dalam bentuk kegiatan pelatihan alat-alat pendukung dan lainnya untuk mensukseskan desa percontohan Kabupaten Karo, kedepannya ,” ucap Bupati.

Sementara Ketua TP.PKK Kab. Karo Ny. Sariati Terkelin Brahmana menyebutkan tahun 2018 ini ada 10 kriteria sebagai desa percontohan di Kabupaten Karo yakni : usaha peningkatan pendapatan keluarga , hatinya pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, lingkungan bersih sehat , pola asuh anak dan remaja, keluarga berencana dan kesehatan, pola hidup bersih dan sehat, tertib adminitrasi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, Posyandu , program terpadu peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera dan terakhir Inspeksi visualisasi dengan asam asetat (Iva test), “Jelas Ny.Sariati.

Besar harapan saya agar desa percontohan Kabupaten Karo dapat meraih kemenangan di tingkat provinsi bahkan tingkat Nasional. Dan hal ini tentunya sangat berdampak positif bagi masyarakat bahkan meningkatkan semangat dalam menciptakan perubahan di desanya ke arah yang lebih baik ,dan yang penting kita akan sangat bangga dengan prestasi yang diraih atas kerja keras yang telah kita lakukan bersama, jika ini terwujud suatu saat nantinya,” tambah nya.

Hadir dalam Rakor tersebut, Kepala OPD Kab.Karo, Ibu PKK Se Kab.Karo, Ibu Camat Se Kab.Karo, Camat se-Kab.Karo dan Ketua Tim penggerak PKK kec.Se-Kab.Karo.

(DAVID-OLNEWSINDONESIA.COM

 

Sumber: http://olnewsindonesia.com