Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo melantik Bupati Karo terpilih Terkelin Brahmana, SH dan Wakil Bupati Karo terpilih Corry Sebayang periode 2016 - 2021 di Sasana Bhakti Praja Gedung C Lt. III Kementerian Dalam Negeri Jakarta Pusat, Jumat petang (22/4).

Bupati dan Wakil Bupati Karo terpilih  hasil pilkada serentak tahun 2016 dilantik bersama 5 KDH asal Sumut yakni Bupati Simalungun JR Saragih, Bupati Nias Utara Marselinus Ingati Nazara, Bupati Nias Barat Faduhusi Daely dan Wali Kota Gunung Sitoli Lakhomizaro Zebua. Kepala daerah terpilih tersebut dilantik bersama para wakilnya, kecuali Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga yang kini mendekam di Lapas. Sementara dua kabupaten lainnya ada di Provinsi Riau yang turut dilantik yakni Kabupaten Pelalawan dan Rokan Hulu.

Plt. Gubernur Sumatera Utara Tengku Erri Nuradi membacakan naskah pelantikan untuk 6 KDH di provinsi Sumatera Utara dan dilanjutkan oleh Plt. gubernur Riau untuk dua kabupaten di provinsi Riau.

"Pelantikan hari ini dilakukan sesuai undang-undang dan aturan yang berlaku. Pelantikan dilaksanakan di Depdagri dan terlambat bukanlah kesalahan Gubernur namun karena kesalahan saya dan bukan karena gubernur tidak mau melantik. Oleh karena itu pelantikan hari ini akan saya pertanggungjawabkan terhadap Menkopolhankam, bapak Presiden, Bapak Wakil Presiden dan paling utama Tuhan Yang Maha Esa" kata Mendagri Tjahjo Kumolo.

"Untuk Plt. Gubernur Sumut dan Riau yang hadir hari ini, hanya tinggal menunggu pelantikan saja. Keppres susah ada dan tinggal menunggu petunjuk dari Bapak Presiden kapan dilaksanakan pelantikan ," lanjutnya.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH dan wakil Bupati Karo Corry Sebayang usai dilantik menyatakan dengan dilaksanakan pelantikan hari ini, Tanah Karo siap dibangun kembali. Selama ini hanya Bupati Karo sendiri yang bekerja, sekarang sudah ada yang membantu yaitu Wakil Bupati Karo. "Kami akan berupaya meningkatkan pendapatan masyarakat Karo dengan meningkatkan pembangunan pertanian di Karo. Kami juga akan mengajak masyarakat Karo yang ada di perantauan atau diluar Kabupaten Karo agar mau membangun dan membantu masyarakat Karo yang saat ini mengalami musibah akibat erupsi Gunung Sinabung" ujar Corry Sebayang. (Roma/Humas)